home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pidato Diplomatis Moon Jae In Terkait Virus Corona yang Mewabah di Korea Selatan

Minggu, 01 Maret 2020 17:30 by muthiasp | 1069 hits
Pidato Diplomatis Moon Jae In Terkait Virus Corona yang Mewabah di Korea Selatan
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Presiden Moon Jae In menyerukan agar terciptanya persatuan nasional dalam perjuangan melawan virus corona di Korea Selatan, sejalan dengan semangat gerakan kemerdekaan bersejarah seabad sebelumnya.

"Gerakan Kemerdekaan 1 Maret sekali lagi mengingatkan kita bahwa kita dapat menang atas apa pun selama kita berdiri bersama," katanya dalam acara memperingati pemberontakan publik Korea melawan pemerintah kolonial Jepang di tahun 1919.

"Semua orang akan datang bersama dan mengatasi krisis hari ini tanpa gagal," imbuh Moon Jae In, Minggu (01/03). Di hari bersejarah ini, ia lebih fokus pada seruan tentang persatuan dalam menghadapi virus yang menyebar cepat, sebagian besar di Daegu.

"Wabah COVID-19 dapat mengancam hidup kita untuk sementara, tetapi itu tidak dapat menghancurkan persatuan dan harapan kita," ujarnya. Ia menekankan, "Korea Selatan pada akhirnya akan memenangkan pertempuran melawan COVID-19 tanpa gagal dan menghidupkan kembali perekonomian kita, serta menjadikannya lebih dinamis".

"Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara tidak pernah sendirian," kata Moon. "Bahkan sekarang, semua orang berkumpul bersama. Kita akan mampu mengatasi wabah COVID-19 dan menghidupkan kembali ekonomi kita yang menyusut."

Baca juga: Korsel Beri Peringatan Keras ke Korut: Tidak Akan Ditoleransi Lagi

Presiden Moon Jae In juga menekankan perlunya kerja sama lintas-perbatasan dalam menanggapi "ancaman keamanan tidak konvensional," seperti penyakit menular, bencana, perubahan iklim, dan terorisme internasional dan kejahatan dunia maya.

"Sulit bagi satu negara untuk menyelesaikan dengan kemampuannya sendiri. Kami menyadari sekali lagi perlunya kerja sama lintas-perbatasan pada saat ini karena penyebaran global COVID-19," ujarnya.

Dia menyatakan harapan untuk kerja sama antar-Korea dalam perawatan kesehatan, mengatakan orang-orang Korea akan "lebih aman" ketika kedua belah pihak menanggapi bersama-sama terhadap penyakit menular.

"Dengan mengatasi wabah COVID-19 dan mencapai perdamaian dan kemakmuran bersama di Semenanjung Korea, kami akan membangun Republik Korea yang tidak dapat diguncang," kata Moon.

"Itu adalah kemerdekaan sejati dan penyelesaian kemerdekaan baru. Pemerintah akan mengambil inisiatif dan melakukan semua yang kami bisa," ujarnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID 19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul....
  • HOT !
    Otoritas kesehatan masyarakat Korea mengatakan pada hari Senin (10/8) bahwa mereka telah menemukan tiga urutan genom baru yang bermutasi dari virus corona di antara kasus kasus impor di negaranya....
  • HOT !
    Pasha ‘Ungu’ alias Sigit Purnomo kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu. Belakangan saat menjalani tugas sebagai wakil rakyat, Pasha ditegur oleh Mendagri Tito Karnavian. Alasannya karena gaya rambut Pasha yang nyentrik di cat pirang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)