SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mitos Teru Bozu, Boneka Penangkal Hujan Asal Jepang yang Memiliki Cerita Memilukan

Senin, 17 Februari 2020 14:30 by Rie127 | 619 hits
Mitos Teru Bozu, Boneka Penangkal Hujan Asal Jepang yang Memiliki Cerita Memilukan
Image Source: Japan Daisuki

DREAMERS.ID - Bagi penggemar budaya Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan boneka Teru Bozu, atau boneka populer di Jepang yang dipercaya dapat membawa cuaca cerah bagi yang memasangnya.

Tradisi memasang boneka Teru Bozu ini sudah ada sejak turun-temurun, dan mempercayangi mitos tersebut. Mereka percaya selama hujan turun dengan deras secara terus-menerus, dan terdengar suara petir yang datang dari langit, itu merupakan peringatan bahwa akan ada kota yang tenggelam.

Untuk menghindari hal tersebut, seorang gadis harus dikorbankan untuk Dewa Langit. Setelah dikorbankan, makan arwahnya akan menyelamatkan semua orang. Nantinya, arwah tersebut akan membawa sapu sebagai simbol bahwa ia akan menyapu awan hujan yang ada di langit.


Image Source: SoraNews24

Dilansir dari Savvytokyo, gadis yang berkorban tersebut diketahui bernama So Chin Nyan atau Souseijou, saat ini telah diganti dengan sebuah boneka yang dibuat dari kertas. Boneka ini biasanya digantung disebuah tali, dan di taruh di atap rumah untuk meredakan hujan.

Setelah itu, biasanya anak-anak gadis akan menyanyikan lagu Teru Teru Bozu untuk menghentikan hujan. Namun, hingga saat ini asal mula ada boneka ini masih belum dapat dipastikan dengan jelas.


Image Source: Matcha

Beberapa diantara, ada yang mengatakan bahwa lirik terakhir pada lagu ‘Teru Teru Bozu’, yang mengatakan Teru Teru Bozu, jadikan hari esok menjadi cerah, tapi jika awan menangis, aku akan memotong kepalamu” ditunjukkan pada seorang biksu.

Dulunya, terdapat seorang biksu yang menjanjikan kepada tuan tanah bahwa ia akan menghentikan hujan saat badai datang di wilayah tuan muda tersebut. Namun, cuaca tidak kunjung cerah, sehingga kepala biksu ini akhirnya dipenggal dan kemudian digantung diluar untuk menghentikan hujan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Tiga dokter pahlawan kemanusiaan yang bertugas dan meninggal karena virus corona diumumkan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) pada hari Minggu (4/4)....
  • HOT !
    Pada Jumat (03/04), data pasien virus corona di Indonesia telah mencapai 1.986 kasus. Hal ini berarti terjadi penambahan sebanyak 196 kasus, setelah pada hari Kamis (02/04) kasus corona di Indonesia tercatat sebanyak 1.790 kasus....
  • HOT !
    Pengguna Twitter pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Thread’ yang memiliki arti cuitan bersambung. Dengan fitur ini, pengguna lebih mudah membuat postingan panjang yang tak cukup dalam sekali tweet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)