SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diklaim Sesuai Guideline WHO, Seperti Ini Penampakan Lab Uji Sampel Suspect Corona Kemenkes

Selasa, 11 Februari 2020 17:40 by reinasoebisono | 1037 hits
Diklaim Sesuai Guideline WHO, Seperti Ini Penampakan Lab Uji Sampel Suspect Corona Kemenkes
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes Kementerian Kesehatan merilis data terbaru pengujian sampel suspect novel virus corona per 10 Februari 2020 di Lab Kemenkes. Laboratorium ini diklaim sesuai dengan guideline WHO.

Via laman Detik, berita foto menunjukkan jika total kasus yang spesimennya dikirim ke Laboratorium Balitbangkes sebanyak 64 kasus. Di mana 62 kasus uji spesimen hasilnya negatif novel virus corona dan dua sisanya masih dalam tahap pemeriksaan.

Diakui, terdapat kendala yang masih terjadi di Indonesia adalah pengawasan dan pengumpulan data kesehatan yang masih kurang memadai. Faktor yang menyebabkannya adalah wilayah Indonesia yang sangat luas.

Baca juga: [UPDATE] WNI Terjangkit Virus Corona di Singapura Dinyatakan Sembuh!

Nyatanya, untuk melakukan surveilans di sekian banyak titik di Indonesia memerlukan biaya yang besar dan sumber daya manusia yang banyak pula.

Karena menyusul kabar dari WHO yang meragukan kemampuan deteksi virus corona Wuhan dengan kode 2019-nCov di Indonesia. Faktanya, memang belum ada kasus novel coronavirus yang terkonfirmasi positif di Indonesia.

Kemampuan Indonesia untuk mendeteksi novel coronavirus sudah sesuai guideline WHO. Hal ini dikarenakan Indonesia saat ini sudah memiliki PCR yang bisa mendeteksi novel coronavirus secara akurat. Namun disebutkan kewaspdaan tetap harus ada.

(rei/image source: Detik)

Komentar
  • HOT !
    Tobias Ratjhen, yang ditemukan tewas di rumahnya, diidentifikasi sebagai pelaku penembakan di Hanau, Jerman yang dari berbagai informasi yang dihimpun mengakibatkan 9 orang tewas. Pertanyaan lebih lnajut tentu muncul mengenai motif penembakan brutal Ratjhen....
  • HOT !
    Pemerintah Kota Seoul akan secara finansial mendukung 1.500 rumah tangga yang tinggal di apartemen semi basement seperti yang digambarkan dalam film pemenang penghargaan Oscar ‘Parasite’ yang disutradarai Bong Joon Ho....
  • HOT !
    Lembaga survei Indo Barometer mengeluarkan hasil dari 3 periode Gubernur DKI Jakarta, yitu di kepemimpinan Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan, Basuki atau Ahok lah yang dianggap paling berhasil tangani banjir dibandingkan lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)