SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diklaim Sesuai Guideline WHO, Seperti Ini Penampakan Lab Uji Sampel Suspect Corona Kemenkes

Selasa, 11 Februari 2020 17:40 by reinasoebisono | 1070 hits
Diklaim Sesuai Guideline WHO, Seperti Ini Penampakan Lab Uji Sampel Suspect Corona Kemenkes
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes Kementerian Kesehatan merilis data terbaru pengujian sampel suspect novel virus corona per 10 Februari 2020 di Lab Kemenkes. Laboratorium ini diklaim sesuai dengan guideline WHO.

Via laman Detik, berita foto menunjukkan jika total kasus yang spesimennya dikirim ke Laboratorium Balitbangkes sebanyak 64 kasus. Di mana 62 kasus uji spesimen hasilnya negatif novel virus corona dan dua sisanya masih dalam tahap pemeriksaan.

Diakui, terdapat kendala yang masih terjadi di Indonesia adalah pengawasan dan pengumpulan data kesehatan yang masih kurang memadai. Faktor yang menyebabkannya adalah wilayah Indonesia yang sangat luas.

Baca juga: Agensi EVERGLOW Kembali Umumkan Stafnya yang Positif Kena Corona

Nyatanya, untuk melakukan surveilans di sekian banyak titik di Indonesia memerlukan biaya yang besar dan sumber daya manusia yang banyak pula.

Karena menyusul kabar dari WHO yang meragukan kemampuan deteksi virus corona Wuhan dengan kode 2019-nCov di Indonesia. Faktanya, memang belum ada kasus novel coronavirus yang terkonfirmasi positif di Indonesia.

Kemampuan Indonesia untuk mendeteksi novel coronavirus sudah sesuai guideline WHO. Hal ini dikarenakan Indonesia saat ini sudah memiliki PCR yang bisa mendeteksi novel coronavirus secara akurat. Namun disebutkan kewaspdaan tetap harus ada.

(rei/image source: Detik)

Komentar
  • HOT !
    Tiga dokter pahlawan kemanusiaan yang bertugas dan meninggal karena virus corona diumumkan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) pada hari Minggu (4/4)....
  • HOT !
    Pada Jumat (03/04), data pasien virus corona di Indonesia telah mencapai 1.986 kasus. Hal ini berarti terjadi penambahan sebanyak 196 kasus, setelah pada hari Kamis (02/04) kasus corona di Indonesia tercatat sebanyak 1.790 kasus....
  • HOT !
    Pengguna Twitter pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Thread’ yang memiliki arti cuitan bersambung. Dengan fitur ini, pengguna lebih mudah membuat postingan panjang yang tak cukup dalam sekali tweet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)