home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diklaim Sesuai Guideline WHO, Seperti Ini Penampakan Lab Uji Sampel Suspect Corona Kemenkes

Selasa, 11 Februari 2020 17:40 by reinasoebisono | 1181 hits
Diklaim Sesuai Guideline WHO, Seperti Ini Penampakan Lab Uji Sampel Suspect Corona Kemenkes
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Balitbangkes Kementerian Kesehatan merilis data terbaru pengujian sampel suspect novel virus corona per 10 Februari 2020 di Lab Kemenkes. Laboratorium ini diklaim sesuai dengan guideline WHO.

Via laman Detik, berita foto menunjukkan jika total kasus yang spesimennya dikirim ke Laboratorium Balitbangkes sebanyak 64 kasus. Di mana 62 kasus uji spesimen hasilnya negatif novel virus corona dan dua sisanya masih dalam tahap pemeriksaan.

Diakui, terdapat kendala yang masih terjadi di Indonesia adalah pengawasan dan pengumpulan data kesehatan yang masih kurang memadai. Faktor yang menyebabkannya adalah wilayah Indonesia yang sangat luas.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Nyatanya, untuk melakukan surveilans di sekian banyak titik di Indonesia memerlukan biaya yang besar dan sumber daya manusia yang banyak pula.

Karena menyusul kabar dari WHO yang meragukan kemampuan deteksi virus corona Wuhan dengan kode 2019-nCov di Indonesia. Faktanya, memang belum ada kasus novel coronavirus yang terkonfirmasi positif di Indonesia.

Kemampuan Indonesia untuk mendeteksi novel coronavirus sudah sesuai guideline WHO. Hal ini dikarenakan Indonesia saat ini sudah memiliki PCR yang bisa mendeteksi novel coronavirus secara akurat. Namun disebutkan kewaspdaan tetap harus ada.

(rei/image source: Detik)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)