SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya

Senin, 10 Februari 2020 14:04 by reinasoebisono | 4676 hits
Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Masyarakat riuh membahas hasil riset Universitas Harvard yang menyebutkan virus 2019-nCov atau yang lebih dikenal dengan virus corona seharusnya sudah menyebar di Indonesia. Hasil penelitian ini terbit di jurnal medRxiv dan sontak memicu keresahan.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio, menanggapi hal ini mengatakan meski studi yang dilakukan berdasarkan keilmuan dan faktor-faktor yang mendukung, tetap saja itu hanyalah sebuah prediksi.

"Studi itu kan berdasarkan keahlian yang mereka miliki dalam membuat prediksi. Prediksi itu kan bukan sesuatu yang harus diikuti," kata Prof Amin.

Baca juga: Jadi Perdebatan, Shakira Minta Pemerintah Izinkan Anak Keluar Rumah Saat Pandemi Corona

Meski begitu, menurutnya riset yang dilakukan di Harvard University itu tetap bisa dipertanggungjawabkan. Namun Prof Amin juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena tetap belum ditinjau atau dievaluasi oleh para ilmuwan lain.

"Iya bisa dipertanggungjawabkan, artinya mereka dalam publikasinya sudah menyebutkan faktor-faktor A, B, C, D. Artinya faktor-faktor yang mereka teliti itu adalah yang mereka kuasai dan mereka anggap itu tidak akan berubah-ubah," ucap Prof Amin.

"Prediksi itu kita pakai hanya untuk menambah kewaspadaan saja, bukan untuk menambah panik atau menjadi paranoid, namanya juga prediksi," imbaunya. "Kita harus menyikapi dengan cerdas prediksi itu,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pengguna Twitter pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ‘Thread’ yang memiliki arti cuitan bersambung. Dengan fitur ini, pengguna lebih mudah membuat postingan panjang yang tak cukup dalam sekali tweet....
  • HOT !
    Sudah triliunan rupiah dikeluarkan pemerintah untuk menangani pandemi corona di Indonesia. Belum cukup, pemerintah juga siap untuk menggelontorkan dana sebesar Rp 110 T untuk perlindungan sosial. Apa itu?...
  • HOT !
    Jika warga biasa karantina diri dengan membawa bekal bahan makanan pokok, beda halnya dengan yang dilakukan oleh Raja Thailand Vajiralongkorn. Gaya karantinanya menjadi sorotan karena membawa 20 selir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Yuuka
Cast : Yoon Bo-Ra (SISTAR), Hyunseong (Boyfriend), Kim Da-Som (SISTAR), Kim Donghyun (Boyfrined), Jeongmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)