home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya

Senin, 10 Februari 2020 14:04 by reinasoebisono | 4709 hits
Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Masyarakat riuh membahas hasil riset Universitas Harvard yang menyebutkan virus 2019-nCov atau yang lebih dikenal dengan virus corona seharusnya sudah menyebar di Indonesia. Hasil penelitian ini terbit di jurnal medRxiv dan sontak memicu keresahan.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio, menanggapi hal ini mengatakan meski studi yang dilakukan berdasarkan keilmuan dan faktor-faktor yang mendukung, tetap saja itu hanyalah sebuah prediksi.

"Studi itu kan berdasarkan keahlian yang mereka miliki dalam membuat prediksi. Prediksi itu kan bukan sesuatu yang harus diikuti," kata Prof Amin.

Baca juga: Simak Tips Liburan Aman dari Covid-19 untuk Long Weekend Ini

Meski begitu, menurutnya riset yang dilakukan di Harvard University itu tetap bisa dipertanggungjawabkan. Namun Prof Amin juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena tetap belum ditinjau atau dievaluasi oleh para ilmuwan lain.

"Iya bisa dipertanggungjawabkan, artinya mereka dalam publikasinya sudah menyebutkan faktor-faktor A, B, C, D. Artinya faktor-faktor yang mereka teliti itu adalah yang mereka kuasai dan mereka anggap itu tidak akan berubah-ubah," ucap Prof Amin.

"Prediksi itu kita pakai hanya untuk menambah kewaspadaan saja, bukan untuk menambah panik atau menjadi paranoid, namanya juga prediksi," imbaunya. "Kita harus menyikapi dengan cerdas prediksi itu,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Perancis kini sedang menjadi sorotan dunia terkait kartun Nabi Muhammad yang kembali muncul di sana. Serta pernyataan presiden Emmanuel Macron tentang Islam yang menuai pro kontra sampai disebut hilang akal oleh presiden Turki, Erdogan....
  • HOT !
    Pada Sabtu (24/10) kemarin, Jusuf Kalla mendampingi penandatanganan naskah perjanjian kerja sama (PKS) pendirian dan pembangunan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam di Indonesia, yang disebutnya akan menjadi ikon baru Jakarta....
  • HOT !
    Sekarang ini internet seperti sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat, bahkan ada yang menganggap dirinya tidak bisa hidup tanpa internet. Oleh karena itu kita pasti akan sangat merasa beruntung jika bisa mendapatkan koneksi internet gratis untuk waktu yang lama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)