home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya

Senin, 10 Februari 2020 14:04 by reinasoebisono | 4706 hits
Riset Harvard Sebut Corona 'Harusnya' Sudah Masuk Indonesia, Begini Alasan Untuk Tidak Panik Menyikapinya
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Masyarakat riuh membahas hasil riset Universitas Harvard yang menyebutkan virus 2019-nCov atau yang lebih dikenal dengan virus corona seharusnya sudah menyebar di Indonesia. Hasil penelitian ini terbit di jurnal medRxiv dan sontak memicu keresahan.

Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Prof Amin Soebandrio, menanggapi hal ini mengatakan meski studi yang dilakukan berdasarkan keilmuan dan faktor-faktor yang mendukung, tetap saja itu hanyalah sebuah prediksi.

"Studi itu kan berdasarkan keahlian yang mereka miliki dalam membuat prediksi. Prediksi itu kan bukan sesuatu yang harus diikuti," kata Prof Amin.

Baca juga: Keluarga Konfirmasi Nunung Positif Covid-19

Meski begitu, menurutnya riset yang dilakukan di Harvard University itu tetap bisa dipertanggungjawabkan. Namun Prof Amin juga menghimbau agar masyarakat tidak perlu panik karena tetap belum ditinjau atau dievaluasi oleh para ilmuwan lain.

"Iya bisa dipertanggungjawabkan, artinya mereka dalam publikasinya sudah menyebutkan faktor-faktor A, B, C, D. Artinya faktor-faktor yang mereka teliti itu adalah yang mereka kuasai dan mereka anggap itu tidak akan berubah-ubah," ucap Prof Amin.

"Prediksi itu kita pakai hanya untuk menambah kewaspadaan saja, bukan untuk menambah panik atau menjadi paranoid, namanya juga prediksi," imbaunya. "Kita harus menyikapi dengan cerdas prediksi itu,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Virus corona atau COVID 19 kini juga sudah menyasar kalangan pejabat. Setelah beberapa PNS hingga pimpinan daerah, kini Menteri Agama Fachrul Razi juga dikonfirmasi positif COVID 19....
  • HOT !
    Satuan Tugas Nasional Penanganan COVID 19 saat ini tengah mengembangkan teknologi masker kain yang memiliki lapisan sebanyak 5 lapis, untuk mencegah penyebaran virus corona....
  • HOT !
    Mayat seorang wanita ditemukan di danau dekat kediaman Kate Middleton dan Pangeran William di Istana Kensington pada 29 Agustus 2020. Polisi tengah menyelidiki identitas korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Brenda, Daniel, Rafael.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)