SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari

Jumat, 07 Februari 2020 11:31 by reinasoebisono | 2533 hits
Penjelasan Prediksi dan Himbauan Soal Hujan Lebat Serta Angin Kencang Selama Dua Hari 7-8 Februari
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Dari prakiraan cuaca terbaru Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menghimbau masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia untuk waspada dan siap siaga bencana.

Melansir laman Tempo, beberapa wilayah diprediksi diguyur hujan intensitas lebat pada hari ini Jumat juga Sabtu, 7-8 Februari 2020. Prediksi ini muncul karena terpantaunya pertumbuhan dan pergerakan dua siklon tropis di Samudera Hindia.

"Seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang maupun petir," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo.

Agus turut membagikan prediksi BMKG atas akumulasi curah hujan dalam kurun waktu 24 jam, terhitung pada 7 Februari 2020 pukul 07.00 WIB hingga esok harinya. Potensi disebutkan ada di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua.

"Masyarakat juga dapat terus memantau informasi prakiraan cuaca maupun informasi kewaspadaan terkait cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG, BNPB dan BPBD," kata Agus.

BMKG juga turut memantau terjadinya siklon tropis Damien, yaitu siklon yang tumbuh di sekitaran Samudera Hindia ini bergerak ke arah barat daya dengan kecepatan 12 kilometer per jam pada Kamis kemarin.

Siklon tropis Damien ini berdampak pada cuaca di Indonesia berupa hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jawa bagian Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Berikut adalah wilayah yang berpotensi hujan lebat serta yang dibarengi angin kencang dan petir.

Pada 7 Februari 2020
Di Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. Selain itu, ada di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

Pada 8 Februari 2020
Di Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara. Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Maluku, Papua.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Perguruan ninja rupanya benar benar ada pendidikan resminya. Kini, ada seorang pria bernama Genichi Mitsuhashi yang secara resmi menyandang gelar Master Ninja setelah menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Ninja di Mie University, Provinsi Iga, Jepang....
  • HOT !
    Korea Selatan sempat sukses mengatasi pandemi virus corona di wilayahnya, yang beberapa bulan lalu berpusat di Daegu. Kini, kota metropolitan Seoul menghadapi gelombang kedua di mana puluhan kasus dikonfirmasi setiap harinya....
  • HOT !
    Kasus kejahatan seksual Nth Room yang melibatkan banyak anak muda sebagai pelakunya masih terus diselidiki, bahkan dari mereka ada yang di bawah umur. Kasus ini pun menjadi sorotan karena diharapkan bisa memberikan hukuman yang berat bagi para pelaku....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Jung Krystal f(x), Kang Minhyuk CNBLUE and other cast

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)