home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beda Pendapat Jokowi - Anies Baswedan Soal Penyebab Banjir: Sampah vs Ramalan Cuaca

Sabtu, 04 Januari 2020 08:00 by muthiasp | 854 hits
Beda Pendapat Jokowi - Anies Baswedan Soal Penyebab Banjir: Sampah vs Ramalan Cuaca
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tidak ada yang menyangka jika di awal tahun 2020 ini akan diawali dengan banjir besar di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Khususnya Jakarta yang menjadi sorotan, pendapat Anies Baswedan dan Jokowi terkait penyebab banjir pun jadi perbincangan.

Dilansir dari laman Detik (03/01), Jokowi menyebutkan jika penyebab banjir adalah karena kerusakan ekosistem akibat warga yang sering membuang sampah sembarangan, “Pemerintah pusat, pemprov, pemkab, pemkot, semuanya bekerja sama dalam menangani ini karena ada yang disebabkan oleh kerusakan ekosistem”.

“Kerusakan ekologi yang ada tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," papar Jokowi. Ia pun meminta agar pemerinta pusat, provinsi, kabupaten maupun kota bekerja sama untuk menangani semuanya dengan baik. Dan yang paling penting adalah evakuasi korban.

Baca juga: Survei 3 Periode Tunjukkan Ahok Lebih Berhasil Atasi Banjir, Seperti Apa Sih Program-programnya?

Di sisi lain, Anies Baswedan berpendapat apabila penyebab banjir ini bisa dilihat dari lokasi dan ramalan cuaca dari BMKG, “Mungkin kita harus cek lagi (apakah banjir di Jakarta karena sampah), seperti apa kondisi per wilayah yang di situ ada banjir," ucap Anies.

Menurutnya, tidak semua titik banjir memiliki sampah yang banyak, “Karena, kalau kita lihat, titik-titik banjir dengan titik-titik ramalan (hujan) BMKG mungkin simetris. Di tempat-tempat yang BMKG menunjukkan volume air hujan yang tinggi, di situ ada banjir yang ekstrem. Paling, setahu saya tidak banyak sampah," imbuhnya.

Anies pun menyinggung banjir di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma yang tetap banjir meski bersih dari sampah, “Tapi kemarin bandaranya tidak bisa berfungsi. Apakah ada sampah di bandara? Rasanya tidak. Tapi Bandara Halim kemarin tidak bisa digunakan," ujarnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Korea Selatan tengah menghadapi gelombang kedua pandemi COVID 19 atau corona. Berdasarkan pihak berwenang setempat, krisis yang dihadapi lebih besar sekarang daripada pada awal Mei karena penyebaran diam diam secara bersamaan di wilayah metropolitan Seoul....
  • HOT !
    Otoritas kesehatan masyarakat Korea mengatakan pada hari Senin (10/8) bahwa mereka telah menemukan tiga urutan genom baru yang bermutasi dari virus corona di antara kasus kasus impor di negaranya....
  • HOT !
    Pasha ‘Ungu’ alias Sigit Purnomo kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Palu. Belakangan saat menjalani tugas sebagai wakil rakyat, Pasha ditegur oleh Mendagri Tito Karnavian. Alasannya karena gaya rambut Pasha yang nyentrik di cat pirang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)