SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Bermasalah, Nadiem Makarim Umumkan Program Pengganti Ujian Nasional

Rabu, 11 Desember 2019 12:00 by manachemvr | 415 hits
Dianggap Bermasalah, Nadiem Makarim Umumkan Program Pengganti Ujian Nasional
Image source: BeritaSatu,com

DREAMERS.ID - Hari ini Mendikbud Nadiem Makarim menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam acara tersebut, Nadiem mengungkapkan bahwa akan ada program pengganti untuk ujian nasional. Rencananya program ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021.

"Di tahun 2021, UN (ujian nasional) itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," kata Nadiem.

Alasan utama perubahan program ujian nasional diungkapkan oleh Nadiem karena adanya beberapa masalah dalam format ujian. Selain itu ujian nasional masih menjadi beban dan momok menakutkan bagi sejumlah siswa maupun orang tua.

"Ini sudah jadi beban stres bagi banyak sekali siswa guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. Padahal maksudnya ujian berstandar nasional adalah untuk mengakses sistem pendidikan, yaitu sekolahnya maupun geografinya maupun sistem penduduknya secara nasional," ujar Nadiem.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Menyebarnya virus Wuhan di sejumlah Negara seperti di Thailand, Jepang, bahkan Korea Selatan semakin membuat resah masyarakat lokal bahkan di Indonesia. Walaupun di Indonesia sendiri belum terdapat laporan kasus pasien yang terkena virus Wuhan....
  • HOT !
    Pembangunan ibu kota baru semakin bergulir dengan rencana rencana penunjangnya. Selain infrastruktur, sistem sistm disebut oleh Presiden Jokowi akan baru semua dan memang harus diikuti oleh penduduknya nanti di sana....
  • HOT !
    Gelaran Pelantikan BPP HIPMI masa bakti 2019 2022 menjadi cukup menarik. Selain kehadiran Presiden Jokowi, dalam sambutannya sang presiden sempat menyinggung sosok sosok yang mungkin saja menggantikannya sebagai presiden....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)