home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Bermasalah, Nadiem Makarim Umumkan Program Pengganti Ujian Nasional

Rabu, 11 Desember 2019 12:00 by manachemvr | 431 hits
Dianggap Bermasalah, Nadiem Makarim Umumkan Program Pengganti Ujian Nasional
Image source: BeritaSatu,com

DREAMERS.ID - Hari ini Mendikbud Nadiem Makarim menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Dalam acara tersebut, Nadiem mengungkapkan bahwa akan ada program pengganti untuk ujian nasional. Rencananya program ini akan dilaksanakan mulai tahun 2021.

"Di tahun 2021, UN (ujian nasional) itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," kata Nadiem.

Baca juga: Bersiap! Ini 5 Strategi Mendikbud Benahi Pendidikan di Indonesia

Alasan utama perubahan program ujian nasional diungkapkan oleh Nadiem karena adanya beberapa masalah dalam format ujian. Selain itu ujian nasional masih menjadi beban dan momok menakutkan bagi sejumlah siswa maupun orang tua.

"Ini sudah jadi beban stres bagi banyak sekali siswa guru dan orang tua. Karena sebenarnya ini berubah menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. Padahal maksudnya ujian berstandar nasional adalah untuk mengakses sistem pendidikan, yaitu sekolahnya maupun geografinya maupun sistem penduduknya secara nasional," ujar Nadiem.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diam diam melaporkan dua akun Instagram @ito.kurnia dan @an7a_s679 ke Polda Metro Jaya atas kasus pencemaran nama baik. Kedua akun tersebut menghina istrinya Puput Nastiti Devi serta keluarga....
  • HOT !
    Tata cara ibadah haji tahun 2020 ini tentu berbeda dari sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi corona atau COVID 19, dengan protokol khusus dan jemaah yang tidak seramai biasanya....
  • HOT !
    Presiden Jokowi disebutkan menjalani tes swab Polymerase Chain Reaction atau PCR pada hari ini, Jumat (24/7) sore. Hal ini dikatakan setelah Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif virus corona atau COVID 19....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Nevi, Park tae Joon, Song Ye Bom, Choi Yoon Hwan, Kim Hye Ri

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)