SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Serba-serbi Usaha Pemerintah Berangkatkan Jemaah First Travel: Minta Tambahan 8 Juta Lagi?

Jumat, 29 November 2019 15:38 by reinasoebisono | 627 hits
Serba-serbi Usaha Pemerintah Berangkatkan Jemaah First Travel: Minta Tambahan 8 Juta Lagi?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Nasib jemaah First Travel masih terlunta-lunta soal kepastian apakah akan mendapat pengembalian uang yang telah mereka setorkan, atau paling tidak diberangkatkan ke Tanah Suci. Kini Menteri Agam Fachrul Razi menjanjikan membantu memberangkatkan jemaah Umrah korban penipuan jemaah First Travel.

Secara bertahap melalui travel Umrah, Menag Fachrul berharap jemaah menyiapkan dana tambahan agar bisa berangkat. Kok bisa? Ternyata hal ini karena alasan memang First Travel sejak awal memberikan tarif tidak masuk akal karena memang kurang dari harga standar.

"Kemudian nanti kami coba inventarisasi. Setelah kami inventarisasi, katakanlah ketemu nggak terlalu banyak dia misalkan bayarnya hanya Rp 12 juta. Sebetulnya kita katakan (biaya umrah) paling sedikit Rp 20 juta. Mungkin kita minta dia tambah Rp 8 juta," kata Fachrul.

"Kemudian akan kami coba susupkan ke beberapa travel yang selama ini dalam tanda petik sudah punya keuntungan agak banyaklah selama menjalankan haji," ujar Fahrul.

Pengacara dari sisi jemaah yaitu Mustolih Siradj menghargai rencana tersebut karena menjadi terobosan di tengah kebuntuan. Untuk membuktian ucapannya, Menag diminta benar-benar serius karena ada hal-hal yang harus diperjelas lebih jauh.

"Misalnya apa landasan hukumnya, bagaimana mekanisme pendaftaran, pemberangkatan dan verifikasi Jemaah. Travel mana yang akan ditunjuk untuk memberangkatkan. Dari mana sumber dana utama yang akan digunakan, dari pos APBN atau ada sumber lain, siapa yang akan bertanggungjawab terhadap pemberangkatan dan pemulangan Tanah Mekkah, apakah kebijakan ini murni inisiatif Menag atau juga diketahui oleh Presiden," cetus Mustolih.

Seperti yang sudah diberitakan sebelum-sebelumnya, First Travel melakukan penipuan dan pencucian uang dari menghimpun dana jemaah. Tercatat sedikitnya 63 ribu jemaah belum bisa berangkat dengan nilai uang Rp 900 miliar menguap hingga kini tidak tahu ke mana.

Pemilik First Travel Andika dihukum 20 tahun penjara, sang istri, Anniesa Hasibuan yang diketahui juga desainer kondang mendapat 18 tahun penjara. Sementara Direktur Keuangan, adiknya yang bernama Kiki divonis 15 tahun penjara.

Masalah ini kembali mencuat dan rumit karena belakangan menjadi rumit karena aset First Travel sudah susut dan sebagian dirampas negara. Dan hingga kini 63 ribuan jemaah belum ada harapan terbang ke tanah suci.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pembicaraan soal kemunculan Harimau Sumatera kembali mencuat setelah hewan langka itu menampakkan diri di dekat pemukiman warga di perbatasan Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru....
  • HOT !
    Erick Thohir mungkin belum genap dua bulan menjabat sebagai Menteri BUMN, namun ia sudah menyiapkan sederet gebrakan untuk bersih bersih. Selain Garuda Indonesia, masih ada enam perusahaan BUMN yang jadi targetnya....
  • HOT !
    Peredaran ganja di kalangan mahasiswa tampaknya masih sangat banyak dan jarang tersentuh. Pada 6 Desember, polisi mengungkap jaringan pengedar narkoba jenis ganja sebesar 80 kilogram di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)