SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seperti China Sewakan Panda, Kemenkeu Sarankan Untuk Sewakan Komodo Untuk Isi Kas Negara?

Jumat, 08 November 2019 18:30 by manachemvr | 5870 hits
Seperti China Sewakan Panda, Kemenkeu Sarankan Untuk Sewakan Komodo Untuk Isi Kas Negara?
Images source: Times of India

DREAMERS.ID - Pemasukan negara mayoritas didapatkan dari wisatawan yang datang untuk berlibur ke Indonesia. Selain itu juga negara dapat menambah pemasukan dari program ekspor barang komoditi.

Untuk menambah pemasukan, Kurniawan Nizar Direkur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DKJN) mengatakan bahwa harus ada cara yang lebih inovatif. Ia mengatakan Indonesia bisa saja untuk menyewakan komodo dengan alasan hewan endemik. Cara ini pernah dilakukan China ketika menyewakan panda.

"Ada inovasi-inovasi yang sangat bagus istilahnya kalau nggak salah rent capture terutama untuk satwa seperti teman-teman tahu panda, itu di China rupanya disewakan bisa US$ 1 juta karena panda hanya lahir di China kalau disewakan negara harus bayar, kalau mati harus denda," kata Kurniawan.

Selain itu, DJKN juga mendukung pengelolaan sumber daya alam dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Langkah tersebut dilakukan dengan melalui penyajian dan pengungkapan SDA yang tertuang dalam PP 46 Tahun 2017 mengenai Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup.

"Berapa kekayaan kita dari sisi SDA, kita harus buat neraca SDA. Sesuai PP 46 ini dinisiasi oleh BPS di mana mengkompilasi bahan kementerian sektoral seperti ESDM, Kehutanan, mekanismenya di lead BPS dibuat neracanya. Kemenkeu standing potition me-monetize dari sisi membuat rupiah," tambahnya.

Secara garis besar, DKJN menyarankan agar negara dapat mengoptimalkan pemasukan tanpa hanya bergantung dari satu sektor pemasukan.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Tobias Ratjhen, yang ditemukan tewas di rumahnya, diidentifikasi sebagai pelaku penembakan di Hanau, Jerman yang dari berbagai informasi yang dihimpun mengakibatkan 9 orang tewas. Pertanyaan lebih lnajut tentu muncul mengenai motif penembakan brutal Ratjhen....
  • HOT !
    Pemerintah Kota Seoul akan secara finansial mendukung 1.500 rumah tangga yang tinggal di apartemen semi basement seperti yang digambarkan dalam film pemenang penghargaan Oscar ‘Parasite’ yang disutradarai Bong Joon Ho....
  • HOT !
    Lembaga survei Indo Barometer mengeluarkan hasil dari 3 periode Gubernur DKI Jakarta, yitu di kepemimpinan Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan, Basuki atau Ahok lah yang dianggap paling berhasil tangani banjir dibandingkan lainnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)