SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Seperti China Sewakan Panda, Kemenkeu Sarankan Untuk Sewakan Komodo Untuk Isi Kas Negara?

Jumat, 08 November 2019 18:30 by manachemvr | 5863 hits
Seperti China Sewakan Panda, Kemenkeu Sarankan Untuk Sewakan Komodo Untuk Isi Kas Negara?
Images source: Times of India

DREAMERS.ID - Pemasukan negara mayoritas didapatkan dari wisatawan yang datang untuk berlibur ke Indonesia. Selain itu juga negara dapat menambah pemasukan dari program ekspor barang komoditi.

Untuk menambah pemasukan, Kurniawan Nizar Direkur Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DKJN) mengatakan bahwa harus ada cara yang lebih inovatif. Ia mengatakan Indonesia bisa saja untuk menyewakan komodo dengan alasan hewan endemik. Cara ini pernah dilakukan China ketika menyewakan panda.

"Ada inovasi-inovasi yang sangat bagus istilahnya kalau nggak salah rent capture terutama untuk satwa seperti teman-teman tahu panda, itu di China rupanya disewakan bisa US$ 1 juta karena panda hanya lahir di China kalau disewakan negara harus bayar, kalau mati harus denda," kata Kurniawan.

Selain itu, DJKN juga mendukung pengelolaan sumber daya alam dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Langkah tersebut dilakukan dengan melalui penyajian dan pengungkapan SDA yang tertuang dalam PP 46 Tahun 2017 mengenai Instrumen Ekonomi Lingkungan Hidup.

"Berapa kekayaan kita dari sisi SDA, kita harus buat neraca SDA. Sesuai PP 46 ini dinisiasi oleh BPS di mana mengkompilasi bahan kementerian sektoral seperti ESDM, Kehutanan, mekanismenya di lead BPS dibuat neracanya. Kemenkeu standing potition me-monetize dari sisi membuat rupiah," tambahnya.

Secara garis besar, DKJN menyarankan agar negara dapat mengoptimalkan pemasukan tanpa hanya bergantung dari satu sektor pemasukan.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Beberapa waktu belakangan ini, sempat viral sebuah foto dan video yang menunjukkan peraturan pada toko kue TOUS Les JOURS di salah satu mall di daerah Jakarta Selatan, yang melarang penulisan ucapan pada cake yang ‘bertentangan dengan syariat Islam’....
  • HOT !
    Masih ingat dengan terpidana kasus Bom Bali, mantan teroris Umar Patek alias Hisyam bin Alizein? Kini ia memberi pesan pada kelompok teroris yang masih berada dan beraksi di Indonesia. Hal ini dilakukannya di Lapas Porong kala menerima status WNI istrinya....
  • HOT !
    Kepergian Ibu Ani Yudhoyono masih terus membekas dalam benak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga. Hal ini diceritakan anak sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di mana saran dari dirinya sempat ditolak SBY karena masih berkabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)