home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingin Dapat Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri, Novi Justru Dihujani Kritik dan Hujatan Netizen

Rabu, 06 November 2019 16:11 by sukmagayatri | 1258 hits
Ingin Dapat Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri, Novi Justru Dihujani Kritik dan Hujatan Netizen
Image Source: Grid.id

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu, media sosial Twitter sempat diramaikan oleh cuitan salah satu netizen yang mengunggah sebuah screenshot dari akun kitabisa.com, dimana penggalangan donasi dilakukan untuk seorang siswi bernama Novi yang ingin mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Turki. 

Namun, banyak netizen yang justru mengkritik penggalangan dana yang dilakukan untuk Novi tersebut. Pasalnya, jika dilihat berdasarkan keterangan yang ada di akun kitabisa.com, Novi mendaftar ke universitas tersebut secara mandiri, dan maksud dari kata ‘beasiswa’ tersebut adalah donasi dari orang-orang untuk memenuhi kebutuhan kuliah Novi di Turki.

Mirisnya lagi, universitas tujuan Novi (Kirklareli University) ranking nya justru berada jauh dibawah universitas-universitas yang ada di Indonesia jika diurutkan dalam ranking universitas di dunia.

“Mestinya diarahkan buat cari beasiswa aja, belajar yg bener, aktif organisasi, dll biar bisa cari beasiswa LPDP atau beasiswa pemerintah2 dari negara tujuan. mahal gila klo kuliah di luar negeri mau bayar sendiri,” Tulis seorang netizen dengan username ‘va’.

Menanggapi fenomena ‘beasiswa donasi’ ini, salah satu sosiolog Universitas Sebelas Maret, Drajat Tri Kartonomengatakan seharusnya netizen harusnya ‘mengarahkan’ dan bukan hanya sekedar ‘mengkritik’.

“Sekolah itu niat baik, ke luar negeri itu membutuhkan keberanian dan tekat,” ujar Drajat dikutip dari kompas.com. “Misal ada yang berkomentar tentang biaya kuliah yang mahal. Tapi di sana sebenarnya kan bisa gratis. Si anak ini kan enggak tahu bagaimana untuk mendapatkan gratis dan sebagainya. Makanya dia dibantu, diarahkan,” sambungnya. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)