home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Abaikan Surat Tilang Elektronik Jika Tidak Ingin Mengalami Hal Ini

Rabu, 16 Oktober 2019 15:42 by manachemvr | 585 hits
Jangan Abaikan Surat Tilang Elektronik Jika Tidak Ingin Mengalami Hal Ini
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Sistem tilang berbasis teknologi elektronik sudah mulai digunakan di beberapa kota besar Indonesia. Fungsi Electronic Traffic Law Enforcment (E-TLE) sendiri untuk menilang kendaraan yang dinilai melakukan pelanggaran.

Tilang elektronik ini menggunakan kamera Automatic Car Number Plate Recognition atau ANPR yang dapat mendeteksi secara otomatis jenis pelanggaran dari marka jalan juga lampu lalu lintas. Setelah gambar kendaraan diambil, data tersebut akan langsung dimasukan ke database kendaraan tersebut.

Selain kamera ANPR, terdapat juga Check Point Camera yang berfungsi untuk pelanggaran ganjil genap, juga pelanggaran tidak menggunakan sabuk pengaman. Untuk pelanggaran bagi kendaraan yang melanggar batas kecepatan juga sudah disediakan Speed Radar Camera yang dapat mendeteksi kecepatan kendaraan.

Baca juga: Catat 5 Jenis Pelanggaran Yang Akan Ditindak di Tilang Elektronik Motor!

Sistemasi penilangan dilakukan dengan cara pengguna kendaraan akan dikirimkan surat tilang beserta bukti gambar ke alamat rumahnya. Bukan hanya itu saja tetapi pelanggar juga diberikan rincian denda yang perlu dibayarkan jika ia sudah mengaku salah.

Tetapi bagi sebagian orang yang merasa dirinya tidak melakukan pelanggaran akan membiakan surat penilangan tersebut. Padahal jika kita mengabaikan surat tilang tersebut, surat-surat kelengkapan kendaraan akan diblokir oleh pihak berwajib. Ketika surat kendaraan ditilang, maka pemilik kendaraan tidak dapat melakukan revisi identitas atau membayar pajak sampai denda dilunasi.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)