SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Survei Ungkap Perbandingan Kinerja Gubernur Anies dan Ahok, Mana Lebih Baik Urus Tanah Abang dan Monas?

Senin, 14 Oktober 2019 21:00 by reinasoebisono | 1706 hits
Survei Ungkap Perbandingan Kinerja Gubernur Anies dan Ahok, Mana Lebih Baik Urus Tanah Abang dan Monas?
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Jelang dua tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, lembaga survei mengeluarkan hasil untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terkait kinerja sang Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Survei yang dilakukan oleh Populi Center ini digelar 9-18 September 2019 dengan kuesioner eksperimental, dan dilakukan secara scientific. Survei dilakukan dengan mendasarkan penarikan sampel sesuai dengan kaidah probability sampling di 6 kabupaten/kota di DKI Jakarta.

Sampling dilakukan, dengan jumlah responden 600 orang, proporsi laki-laki dan perempuan sebanyak 50 persen dengan margin of error kurang-lebih 4,00 persen.

"Kita menggunakan dua kuesioner yang berbeda. Jadi kuesioner yang pertama dengan kita lekatkan nama Gubernur Anies Baswedan dan juga Gubernur sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama dan juga diksi-diksi program yang melekat," kata peneliti dari Populi, Jefri Adriansyah, saat pemaparan hasil survei Populi, melansir Detik.

"Dipertanyakan kontrol ini kita coba tidak ada isi nama gubernur ataupun nama programnya seperti itu. Jadi kita harapkan bahwa dengan kuesioner kontrol tersebut responden benar-benar bisa menjawab dan memilih, menurut mereka program manakah yang sekiranya memang lebih baik," sambungnya.

Salah satu kebijakan yang menjadi sorotan, yaitu terkait penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Tanah Abang. Masyarakat menilai kebijakan penataan PKL pada saat Ahok lebih baik dibanding Anies.

Baca juga: Ahok Angkat Suara Mengenai Sistem E-Budgeting: Baik Kalau Gak Ada Maling!

"Kebijakan Basuki Tjahaja Purnama dianggap lebih baik dalam penanganan penataan PKL Tanah Abang dibandingkan dengan kebijakan Anies," kata Jefri.

Hal ini terbukti dalam hasil kuesioner kontrol masyarakat menilai 63,3 persen kebijakan Ahok dinilai tepat, dalam hasil kuesioner eksperimen. Masyarakat menilai kebijakan Ahok 48,7 persen. Sedangkan untuk kebijakan Anies dalam kuesioner kontrol dinilai 25,7 persen, kuesioner eksperimen masyarakat menilai 45,7 persen.

Namun, terkait dengan pengelolaan Monas, kebijakan Anies lebih unggul. Sebab, Monas saat ini dapat digunakan untuk tempat kegiatan pendidikan hingga keagamaan.

"Pengelolaan Monas di era Anies Baswedan itu jauh lebih tepat dibandingkan dengan kebijakan pembangunan di era Ahok yang kemudian tidak dapat digunakan untuk kegiatan pendidikan, sosial budaya, maupun keagamaan dikarenakan Monas dianggap sebagai zona netral sehingga bebas dari kegiatan," tuturnya.

Dari hasil kuesioner, kontrol masyarakat menilai 78.8 persen kebijakan Anies dinilai tepat, dalam hasil kuesioner eksperimen masyarakat menilai kebijakan Anies 79.0 persen. Sedangkan untuk kebijakan Ahok dalam kuesioner kontrol dinilai 15.3 persen, kuesioner eksperimen masyarakat senilai 13.3 persen.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rapat terbatas atau ratas digelar oleh Presiden Joko Widodo dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju. Fokusnya, membahas mengenai program Kartu Pra Kerja di Kantor Presiden, Jakarta Pusat. Salah satu hal yang ditunggu dari program ini adalah perkembangan lebih lanjut soal pengangguran ‘digaji’....
  • HOT !
    Sudah 2 tahun semenjak kepergian Habib Rizieq ke Arab Saudi tahun 2017 lalu. Hingga saat ini Habib Rizieq belum menginjakan kakinya kembali ke tanah air....
  • HOT !
    Peristiwa mengejutkan namun juga misterius menimpa keluarga Desak Putu Tiara (17) yang dikenal sebagai pembawa baki saat penurunan bendera 17 Agustus 2019 sebagai paskibraka di Taman Kota Singaraja karena tiba tiba meninggal dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)