SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kondisi Kota Centralia yang Terbakar Api Selama Hampir 60 Tahun

Selasa, 10 September 2019 20:31 by manachemvr | 1465 hits
Kondisi Kota Centralia yang Terbakar Api Selama Hampir 60 Tahun
Image source: Idntimes

DREAMERS.ID - Siapa sangka ditengah-tengah Pennsylvania, Amerika Serikat terdapat satu kota yang hingga saat ini masih terbakar kobaran api. Kota Centralia yang pada tahun 1962 memiliki populasi sebesar 1000 orang lebih, harus merasakan bencana kebakaran di dalam labirin bawah tanah tempat tambang batu bara berada.

Kebakaran terjadi ketika tim anggota pemadam sukarela membakar sampah di tempat pembuangan sampah. Anggota tim tersebut mengira bahwa mereka sudah memadamkan seluruh titik api dari sisa pembakaran tersebut, tetapi ternyata pembakaran masih terjadi dan menjalar melalui lubang yang menuju tambang batu bara di bawah Centralia.

Pemerintah Amerika Serikat sempat melakukan relokasi dengan membeli rumah-rumah yang ada disana. Walaupun diberikan kompensasi, beberapa penduduk tetap memilih untuk bertahan dengan kondisi api dibawah tanah tersebut masih akan tetap menyala paling tidak 100 tahun lagi.

"Ini adalah satu-satunya rumah yang kumiliki dan aku ingin menjaganya," ujar walikota Centralia pada wawancara tahun 2006 lalu seperti dikutip dari Suara.

Semenjak kebakaran terjadi, Kota Centralia layaknya kota mati dengan kondisi jalanan yang tidak terurus dan kadang mengeluarkan asap dari retakan tanah. Pemerintah pun sudah memberikan papan peringatan tanda bahaya di area Kota Centralia.

Setelah berita ini tersebar, banyak turis yang penasaran hingga datang ke lokasi. Tetapi dengan hadirnya turis banyak malah membuat penguni tersisa di kota tersebut merasa terganggu.

"Mereka berjalan di lahan dan properti secara bebas, berpikir bahwa itu sudah diabaikan. Mereka selalu bertanya kenapa kami tinggal di sana. Mereka membuang sampah sembarangan. Yang paling parah adalah turis yang meninggalkan grafiti," ungkap salah satu penduduk.

Walaupun kota ini terlihat sepi dan tidak terawat, kota ini masih menjadi rumah bagi 6 penduduk tersisa.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)