SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Geger! Penemuan Arca Kepala Kala yang Diduga Kompleks Candi Besar di Blitar

Kamis, 05 September 2019 17:05 by manachemvr | 5569 hits
Geger! Penemuan Arca Kepala Kala yang Diduga Kompleks Candi Besar di Blitar
Image source: Jatimnow

DREAMERS.ID - Beberapa hari lalu seorang petani di Kota Blitar menemukan sebuah arca bagian kepala dan struktur candi. Selain kedua benda tersebut, ia juga menemukan keping koin golden tahun 1856 di tengah sawah garapanannya.

Setelah mendapat informasi, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur langsung mendatangi lokasi penemuan. Menurut penelitian diestimasikan bahwa lokasi tersebut merupakan sebuah kompleks candi.

Didampingi Disbudpar Pemkot Blitar dan Camat Sananwetan, tim yang terdiri dari dua arkeolog mendatangi lokasi. Sekitar pukul 12.15 mereka sampai di lokasi Desa Gegog, Kecamatan Sananwetan.

Sebanyak tujuh titik terdata mengindikasikan bahwa lokasi ini merupakan komplek candi yang ukurannya cukup besar. Di titik pertama, selain kepala Kala juga ditemukan tatanan dan struktur bata dengan dimensi besar. Sedangkan lokasi kedua ditemukan koin golden tahun 1856 dan juga sebuah batu berbentuk kepala naga.

"Ini prediksi awal dari tujuh koordinat di GPS, luasan kompleks candi diperkirakan 100 meter persegi. Memang, informasinya, dahulu kala ada candi megah di sini. Lalu roboh karena bencana Gunung Kelud," kata Wicaksono melansir Detik.

Wicaksono menambahkan bahwa kedepannya, BPCB akan melakukan survei penyelamatan ekskavasi untuk lokasi ini. Proses ekskavasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan atau keselamatan kondisi cagar budaya ini.

“Lokasi ini berada di area persawahan warga. Jadi kami perlu laporkan dulu ke pimpinan. Tentu koordinasi dengan camat dan disbudpar setempat ketika akan melakukan ekskavasi. Apakah bisa dilaksanakan tahun ini atau tahun depan," tambahnya.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Kamis (19/9) lalu terjadi dua kali gempa berkekuatan 6 skala richter dari Laut Jawa. Gempa ini diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berada lebih dari kedalaman 300km yang dinilai tidak biasa....
  • HOT !
    Jika biasanya area apartemen mewah dikelilingi oleh fasilitas dan suasana berkelas dan mahal, lain halnya dengan salah satu area apartemen di kawasan Jakarta Pusat satu ini....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)