SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menilik Sejarah Kemerdekaan Korea Selatan yang Dekat dengan Indonesia

Kamis, 15 Agustus 2019 16:13 by muthiasp | 1511 hits
Menilik Sejarah Kemerdekaan Korea Selatan yang Dekat dengan Indonesia
Image source: korea.net

DREAMERS.ID - Korea Selatan dan Indonesia memiliki tanggal peringatan kebebasan atau kemerdekaan yang berdekatan. Tepat di tanggal 15 Agustus, Korea Selatan merayakan Hari Pembebasan Nasional yang ke 74 tahun. Beda dua hari dengan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Seperti yang diketahui, Jepang hancur dikarenakan bom nuklir yang dijatuhkan pada 6 dan 9 Agustus 1945 di dua kota berbeda yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Momen itu dimanfaatkan oleh Indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan yang akhirnya dideklarasikan pada 17 Agustus 1945 oleh Soekarno-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden pertama.


Image source: Busy.org

Namun tidak dengan Korea Selatan. 15 Agustus 1945 bisa jadi hari kebebasan dari jajahan Jepang yang menyerah pada Sekutu, tetapi nasib Korea masih berada di tangan bangsa lain dan berdampak pada terpisahnya Korea saat ini. Kala itu, Korea sudah dibagi menjadi dua wilayah. Utara dipegang oleh Uni Soviet, dan Selatan oleh Amerika Serikat.

Baca juga: Menilik Kasus Narkoba Anak Konglomerat Korea Selatan di 2019, Tertutup Skandal YG?

Ada Kebijakan Moscow yang dicanangkan oleh Amerika – Uni Soviet yang berencana membentuk komisi gabungan untuk mendirikan pemerintahan di Korea. Hal itu tentu membuat warga Korea geram, dan menolak keras wacana itu. Sebanyak 2 juta orang mengungsi dari Utara ke Selatan.


Presiden Pertama Korea - Syngman Rhee

Kim Il Sung ditunjuk oleh Uni Soviet untuk menjadi pemimpin komunis. Pendukung komunis pun bergerak di bawah tanah dan menyebabkan permasalahan di Korea bagian Selatan. Amerika Serikat lantas meminta bantuan PBB untuk menentukan nasib Korea Selatan. Akhirnya digelar pemilu pertama pada 10 Mei 1948.

Dan pada tanggal 15 Agustus 1948 Republik Korea (Korea Selatan) resmi berdiri dengan Syngman Rhee sebagai presiden pertamanya. Selama kurang lebih 36 tahun merasakan penjajahan membuat bangsa Korea bertekad kuat tidak ingin terulang lagi masa kelam itu. Hasil kerja keras pun membuahkan hasil dengan Korea Selatan yang dikenal sebagai negara maju saat ini.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Gelaran ajang balap mobil internasional Formula E akan digelar pada Juni 2020 mendatang di DKI Jakarta. Sempat simpang siur, kini Gubernur Anies Baswedan pun buka suara....
  • HOT !
    Publik tengah dihebohkan dengan polisi Korea Selatan yang dikatakan telah menemukan pelaku kasus pembunuhan paling keji di Negeri Ginseng. Namun pada Kamis (19/9), polisi menyatakan bahwa pria 56 tahun yang diidentifikasi sebagai tersangka utama kasus tersebut membantah terlibat dalam pembunuhan berantai....
  • HOT !
    Pemerintah berencana untuk meresmikan status ibu kota Indonesia yang baru pada tahun 2020. Sebelum peresmian tersebut, rancangan undang undang yang mengatur status ibu kota ditargetkan akan selesai akhir tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)