SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stop Salahkan Korban, Pelecehan Seksual Murni 100% Karena Niat Pelaku

Sabtu, 20 Juli 2019 11:14 by reinasoebisono | 979 hits
Stop Salahkan Korban, Pelecehan Seksual Murni 100% Karena Niat Pelaku
Image source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Cukup disayangkan fenomena pelecehan seksual terhadap wanita di Indonesia termasuk hal yang tak asing dan banyak terjadi. Yang sempat menjadi perdebatan panjang adalah beberapa pihak menuding pelecehan seksual juga berasal dari faktor korban, salah satunya adalah memakai baju terlalu terbuka.

Selain kerap dianggap remeh, Diskusi mengenai penyebab terjadinya pelecehan seksual juga dinilai lebih banyak menyudutkan korban daripada pelaku. Karena hal itulah koalisi yang terdiri dari Hollaback! Jakarta, perEMPUan, Lentera Sintas Indonesia, Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta (JFDG), dan Change.org Indonesia mengadakan Survei Pelecehan Seksual di Ruang Publik.

Dari analisis data survei yang diikuti oleh lebih dari 62 ribu orang, koalisi menemukan fakta menarik yang membantah mitos-mitos yang beredar terkait pelecehan seksual. Menurut hasil survei, mayoritas korban pelecehan tidak mengenakan baju terbuka saat mengalami pelecehan seksual melainkan memakai celana/rok panjang (18%), hijab (17%), dan baju lengan panjang (16%). Hasil survei juga menunjukkan bahwa waktu korban mengalami pelecehan mayoritas terjadi pada siang hari (35%) dan sore hari (25%), berbeda dari mitos yang banyak dipercaya orang bahwa pelecehan seksual terjadi karena korban berada di luar rumah pada malam hari.

“Selama ini korban pelecehan seksual banyak disalahkan karena dianggap ‘mengundang’ aksi pelecehan dengan memakai baju seksi atau jalan sendiri di malam hari. Tapi semua anggapan itu bisa dibantah dengan hasil survei ini. Hasil survei ini jelas menunjukkan bahwa perempuan bercadar pun sering dilecehkan, bahkan pada siang hari,” kata founder perEMPUan, Rika Rosvianti.

Mengutip Media Indonesia, survei ini juga membuktikan bahwa pelecehan seksual tidak selalu dialami oleh perempuan, namun juga laki-laki. Karena itu, isu mengenai pelecehan seksual di ruang publik ini tidak hanya menjadi kepedulian perempuan, tapi juga laki-laki.

Baca juga: Jung Joon Young dan Choi Jonghoon Divonis Penjara 5-6 Tahun

Dan ternyata hasil survei menunjukkan satu dari dua orang korban pelecehan seksual saat masih di bawah umur. Mayoritas korban mengaku mengalami pelecehan secara verbal seperti komentar atas tubuh (60%), fisik seperti disentuh (24%) dan visual seperti main mata (15%).

Korban mengaku banyak saksi yang mengabaikan (40%) dan bahkan menyalahkan korban (8%) ketika pelecehan terjadi. Namun, banyak pula yang membela korban (22%) dan berusaha menenangkan korban (15%) setelah kejadian. Sebanyak 92% korban pun mengaku merasa terbantu setelah dibela.

“Pelecehan seksual ini murni terjadi 100% karena niat pelaku. Tidak ada korban yang “mengundang” untuk dilecehkan. Tidak seharusnya korban yang mengalami pelecehan seksual ini disalahkan karena kejahatan yang dilakukan orang lain. Sudah saatnya kita mengubah pola pikir kita yang malah sering melakukan viktimisasi korban,” tandasnya.

Karena itulah pihaknya ingin mengajak semua orang yang membaca hasil survei ini untuk bersama-sama #LawanPelecehan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Senin (09/12) kemarin, kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didatangi oleh Ikatan Awak Kabin Garuda (Ikagi) dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mereka datang untuk melaporkan kondisi ‘tidak lazim’ ketika Garuda dipimpin oleh Ari Askhara....
  • HOT !
    Tahun 2019 hanya tersisa beberapa minggu lagi untuk sampai di tahun 2020. Di tahun 2020 pun mempunya rincian tanggal merah libur nasional dan cuti bersama, yang tentu wajib kalian ketahui....
  • HOT !
    Entah apa yang terjadi di tanah Bollywood, ketika seorang perempuan India berusia 23 tahun yang merupakan korban pemerkosaan massal justru dibakar hidup hidup saat dalam perjalanan menuju ke pengadilan untuk memperjuangkan keadilannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)