SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cerita Instalasi Bambu Bundaran HI Seharga 550 Juta yang Akhirnya Dibongkar Sendiri Oleh Pemprov

Kamis, 18 Juli 2019 20:00 by reinasoebisono | 847 hits
Cerita Instalasi Bambu Bundaran HI Seharga 550 Juta yang Akhirnya Dibongkar Sendiri Oleh Pemprov
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Pemasangannya sempat menarik perhatian dan mengundang berbagai pertanyaan. Instalasi seni patung bamboo ‘Getah-Getih’ karya seniman Joko Avianto yang terpasang di Bundaran HI pun akhirnya dibongkar oleh Pemprov DKI Jakarta.

Instalasi yang dibanggakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharga Rp 550 juta itu dipasang pada Agustus 2018 dalam rangka menyambut ajang Asian Games di mana ibu kota menjadi tuan rumahnya.

"Bambunya boleh bengkok, tapi niatnya lurus," kata Anies saat itu. "Ada makna tersirat tentang kokoh tapi lentur, tegak tapi liat, kecil tapi raksasa, ribuan tapi menyatu, satuan tapi tak terserak. Karya bambu tersebut mengandung makna gagasan sebuah kesatuan dan persatuan yang terdapat dalam susunannya,"

Baca juga: Setelah Getah Getih, Inilah Instalasi yang Dipilih Untuk Mempercantik Bundaran HI

Dan tak sampai setahun, karya seni itu dibongkar dan dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati. Ia mengatakan alas an pembongkaran instalasi seni bambu tersebut karena kondisinya yang mulai rapuh.

"Dilakukan pembongkaran karena bambunya sudah mulai rapuh karena cuaca sehingga jalinan bambu sudah mulai jatuh. Khawatir rubuh," kata Suzi melansir Merdeka. "Tidak dapat digunakan lagi. Sekarang ditanam border semak ground cover sambil menunggu instalasi lainnya,"


Image source: Merdeka

Hal ini mengundang komentar miring dari netizen media sosial yang menyayangkan pembongkaran tersebut karena dinilai telah menghamburkan uang untuk karya seni yang tidak bertahan lama.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Senin (09/12) kemarin, kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) didatangi oleh Ikatan Awak Kabin Garuda (Ikagi) dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Mereka datang untuk melaporkan kondisi ‘tidak lazim’ ketika Garuda dipimpin oleh Ari Askhara....
  • HOT !
    Tahun 2019 hanya tersisa beberapa minggu lagi untuk sampai di tahun 2020. Di tahun 2020 pun mempunya rincian tanggal merah libur nasional dan cuti bersama, yang tentu wajib kalian ketahui....
  • HOT !
    Entah apa yang terjadi di tanah Bollywood, ketika seorang perempuan India berusia 23 tahun yang merupakan korban pemerkosaan massal justru dibakar hidup hidup saat dalam perjalanan menuju ke pengadilan untuk memperjuangkan keadilannya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)