SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korut Eksekusi Mati Utusan Amerika Serikat Pasca Pertemuan Trump-Kim Jong Un Dianggap Gagal?

Jumat, 31 Mei 2019 17:31 by reinasoebisono | 2455 hits
Korut Eksekusi Mati Utusan Amerika Serikat Pasca Pertemuan Trump-Kim Jong Un Dianggap Gagal?
Image source: CNN Indonesia

DREAMERS.ID - Pertemuan antar dua kepala negara, yaitu Kim Jong Un dari Korea Utara dan Donald Trump selaku Presiden Amerika Serikat memang dianggap gagal pada Februari lalu. Namun tak disangka jika hal tersebut berbuntut hilangnya nyawa beberapa orang.

Melansir CNN Indonesia, Korea Utara dilaporkan mengeksekusi mati utusan negara untuk Amerika Serikat, Kim Hyok Chol yang disebut bertanggung jawab atas gagalnya pertemuan kedua kepala negara. Lebih lanjut, Kim Hyok Chol dieksekusi di Bandara Mirim, Pyongyang bersama empat pejabat eksekutif Kementrian Luar Negeri Korut pada Maret lalu.

"Ia dituduh menjadi mata-mata untuk AS karena melaporkan masalah negosiasi dengan buruk dan tak bisa mengetahui keinginan AS," ujar seorang sumber kepada Chosun Ilbo

Baca juga: Puas di Uji Coba Nuklir Terbaru, Kim Jong Un: Itu Peringatan untuk Korsel dan Amerika!

Pertemuan kedua antara Kim dan Trump di Hanoi, Vietnam Februari lalu itu memang dianggap sebagai sebuah kemunduran dari pertemuan pertama mereka di Singapura tahun lalu. Disebut gagal karena Trump dan Kim tak mencapai kesepakatan apa pun terkait perlucutan senjata nuklir dan pencabutan sanksi.

Seorang anggota parlemen Korsel mengatakan kepada Reuters pada April lalu bahwa Kim Yong Chol memang sudah dicopot dari jabatan penting di partai Kim Jong-un. Ketika kabar mengenai eksekusi mati ini beredar, juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel enggan berkomentar. 

Begitu pula pejabat di Istana Kepresidenan Korsel yang menekankan bahwa ia tak akan mengomentari kabar dengan sumber tak jelas. Namun kabar eksekusi ini memang santer beredar setelah sejumlah analis menduga Kim Hyok Chol sangat mungkin dieksekusi mengingat begitu besar tugas yang ia miliki namun berakhir gagal.

"Tugasnya adalah melaporkan langsung secara akurat ke Kim (Jong-un), tapi saya tidak yakin dia benar-benar memahami maksud atau strategi bernegosiasi," kata pengamat dari Institut Unifikasi Korea, Hong Min.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)