home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karena Sistem Satu Arah, Ketahui Cara Masuk Rest Area di Tol Saat Mudik Lebaran

Jumat, 17 Mei 2019 12:03 by reinasoebisono | 1424 hits
Karena Sistem Satu Arah, Ketahui Cara Masuk Rest Area di Tol Saat Mudik Lebaran
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Sistem satu arah alias one way akan diterapkan pada masa arus mudik Lebaran 1440 Hijriyah mendatang di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali pada arus mudik dan arus balik. Hal ini menandakan jika kedua jalur jalan tol akan digunakan oleh kendaraan dari arah Jakarta ke arah timur saat mudik. Begitu sebaliknya saat arus balik.

Via laman Kompas, total penerapan sistem ini akan mencapai ratusan kilometer. Lalu bagaimana jika kendaraan di jalur dua ingin menepi ke rest area? Apa perlu kendaraan di jalur 2 masuk ke jalur satu? Jawabannya tidak perlu, karena Jasa Marga memperbolehkan rest area di kedua jalur digunakan.

"Kedua sisi bisa dipakai, trafiknya rata dan rest area juga bisa dipakai. Jadi masyarakat yang mau menggunakan rest area bisa ke jalur kiri maupun kanan," ujar Dirut Jasa Marga Desi Arryani, Kamis (16/5).

Baca juga: Belum Tentu Akhir Tahun, Cuti Lebaran Akan Dirapel Bersama Libur Idul Adha?

Kepala Korp Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Reldi Andri mengatakan, pihaknya sudah merencanakan skema lalu lintas keluar masuk kendaraan di rest area saat sistem one way berlaku. Berikut pengaturan lalu lintas di rest area saat berlakunya sistem one way:

Arus Mudik
- Bagi kendaraan dari arah Jakarta menuju Semarang yang menggunakan jalur 1, dapat masuk dan keluar rest area di jalur 1 seperti biasanya atau normal.
- Sementara bagi yang menggunakan jalur 2, kendaraan bisa masuk ke rest area jalur 2 melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan kembali atau keluar dari rest area dari pintu masuk.

Arus Balik
- Kendaraan yang menggunakan jalur 1 dapat masuk dan keluar rest area di jalur 1 seperti biasanya atau normal.
- Sedangkan untuk kendaraan yang menggunakan jalur 2 dapat masuk ke rest area jalur 2 melalui pintu keluar dan dapat melanjutkan perjalanan atau keluar dari rest area melalui pintu masuk.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pihak kepolisian mengerahkan anjing pelacak K9 untuk melacak jejak pelaku pembunuhan editor Metro TV, Yodi Prabowo, di pinggir jalan Tol JORR, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Dengan dilakukannya dua kali pelacakan, anjing K9 itu berhenti di satu tempat....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....
  • HOT !
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan yang kini lebih ingin akrab disapa BTP buka bukaan soal proses perceraiannya dengan mantan istri, Veronica Tan yang ia sayangkan namun sudah dipersiapkan memang akan mendapat banyak tudingan miring dari orang banyak....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)