SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cerita Miris Di Balik Awal Munculnya Operasi 'Double-Eyelid' di Korea Selatan yang Kini Jadi Favorit

Kamis, 16 Mei 2019 15:00 by reinasoebisono | 5067 hits
Cerita Miris Di Balik Awal Munculnya Operasi 'Double-Eyelid' di Korea Selatan yang Kini Jadi Favorit
Image source: The San Diego Union-Tribune

DREAMERS.ID - Operasi plastik atau merubah wajah dianggap sebagai hal yang lumrah di Korea Selatan, bahkan kini tersebar di beberapa negara di kawasan Asia dalam beberapa tahun terakhir. Di tahun 2016, sebuah riset dari HSBC melaporkan jika prosedur operasi kelopak mata atau blepharoplasty yang dikenal dengan sebuat double-eyelid surgery mengalami peningkatan.

Namun tetap saja, khususnya di kawasan Asia Timur banyak yang masih menganggap operasi plastik adalah sesuatu yang tabu. Dan tak heran Korea Selatan termasuk salah satu negara dengan pasien pasien blepharoplasty terbanyak yang datang dari berbagai kalangan, terutama selebriti K-Pop.

Namun ternyata asal mula tren operasi lipatan kelopak mata telah terjadi puluhan tahun lalu. Seperti yang diberitakan Next Shark via Detik, banyak yang meyakini jika blepharoplasty telah diperkenalkan sejak abad 19 di Jepang.

Seorang cendekiawan Taeyon Kim mengatakan, fenomena maraknya wanita operasi kelopak mata terjadi saat Perang Korea (perang antara Korea Utara dan Korea Selatan) pada 1950 - 1953. Diceritakan bahwa seorang dokter bedah plastik militer Amerika, Dr. D. Ralph Millard, mengembangkan dan mempraktikkan prosedur ini saat ia menetap di Korea Selatan.

Baca juga: Hadapi Gelombang Kedua, Infeksi Corona di Korea Selatan Genap 12,800 Kasus

Ia merupakan bagian dari kampanye yang mencoba mendoktrin bagaimana seharusnya tampilan 'wajah orang yang baik hati dan ramah' ala orang Amerika kepada rakyat Korea. Sejarah menyebutkan jika orang-orang Korea pertama yang melakukan operasi kelopak mata adalah para mempelai wanita yang menikahi tentara Amerika. Karena kondisi seseorang tanpa lipatan mata, kala itu, secara medis disebut superior palpebral fold alias melenceng dan merupakan sebuah penyimpangan.

"Operasi untuk mengubah mata yang 'melenceng' menjadi sebuah tanda sebagai orang Asia yang baik dan dapat dipercaya, orang yang wajahnya dimodifikasi menunjukkan ilustrasi menyamankan dari seorang Asia yang lembut," tulis Taeyon Kim dalam disertasinya pada 2005. 

Sejak itulah beberapa tahun kemudian muncul stereotip jika orang Korea yang tak memiliki lipatan kelopak mata dianggap tak normal atau jadi sebuah masalah karena ekspresi seseorang jadi terkesan pasif ketika menatap.  "Kesannya jadi tidak punya emosi," tulis Dr. D. Ralph Millard tentang kampanye nya.

Walau pun tujuan masa kini melakukan blepharoplasty lebih karena alasan estetika, tapi menurut Taeyeon bisa dibilang hal itu adalah ‘sisa-sisa’ doktrin yang ditanamkan orang Amerika pada masa lalu terhadap orang Asia jika cantik itu bermata besar dan kulit putih.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada Jumat (03/07), Indonesia kembali mencatat angka penambahan kasus positif covid 19 yang sangat tinggi, yaitu sebanyak 1.301 kasus. Sehingga jumlah akumulasi pasien positif covid 19 di Indonesia telah menembus angka 60.695 kasus....
  • HOT !
    Sejak pemerintah mulai membuka PSBB, Indonesia terus mencatat penambahan kasus positif covid 19 yang sangat signifikan setiap harinya, bahkan dapat mencatat penambahan kasus lebih dari 1.000....
  • HOT !
    Berbagai mal di DKI Jakarta diklaim siap menerima publik untuk kembali berbelanja dengan menerapkan teknologi baru di sejumlah area agar protokol kesehatan seperti physical distancing tetap terjaga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : munzioezy
Cast : Jung Krystal f(x), Kang Minhyuk CNBLUE and other cast

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)