SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korsel Siap Gelontorkan Dana Triliunan untuk Bangun Wilayah Perbatasan Korut

Jumat, 08 Februari 2019 18:00 by muthiasp | 2899 hits
Korsel Siap Gelontorkan Dana Triliunan untuk Bangun Wilayah Perbatasan Korut
Image source: ABC

DREAMERS.ID - Hubungan diplomatik antara Korea Selatan dan Utara nampaknya semakin membaik, terutama setelah pertemuan antara Kim Jong Un dan Moon Jae In. Kini kabarnya Korsel siap untuk mengeluarkan dana triliunan rupiah untuk membangun wilayah perbatasan.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, Korea Selatan disebut akan menggelontorkan dana sebesar 13,2 triliun won atau sekitar 164 triliun rupiah untuk membangun wilayar perbatasan selama sepuluh tahun ke depan. Perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korsel pun menjabarkan detil penyebaran dari dana sebanyak itu.

Ada 225 proyek akan dibangun di wilayah perbatasan Korsel-Korut sampai tahun 2030 mendatang. Sekitar 5,1 triliun won (63,3 triliun rupiah) dialokasikan untuk 21 proyek pengembangan dasar bagi pertukaran dan kerja sama antar-Korea, termasuk pembangunan jalan dua jalur antara Pulau Yeongjong dan Pulau Shin di sepanjang pesisir barat.

Korsel juga akan membangun kembali rute kereta api antara Seoul dan kota pesisi timur Wonsan (Korut) yang berada di jalur Gyeongwon. Serta dibangun juga pusat pertukaran budaya antar-Korea di kawasan Cheorwon, perbatasan yang dilewati jalur kereta Gyeongwon.

Baca juga: Jokowi-Ma'ruf Ungguli Perolehan Suara Pilpres 2019 di Korea Selatan

Kemudian, sekitar 4 triliun won (42,2 triliun rupiah) akan dialokasikan untuk 54 proyek, termasuk membangun kawasan industri dan menciptakan situasi yang kondusif bagi bisnis start-up. Lalu 3 triliun won (37,2 triliun rupiah) dialokasikan untuk mengembangkan pariwisata perdamaian di wilayah perbatasan, termasuk pembuatan rute wisata di dekat Zona Demiliterisasi (DMZ).

Sisanya, 1,7 triliun won (21,1 triliun rupiah) dialokasikan ke 42 proyek untuk memperbaiki kondisi domisili, seperti perluasan pusat budaya, olahraga dan kesejahteraan, serta pembangunan jaringan pasokan bahan bakar gas. Selain agar lebih maju, pembangunan besar-besaran juga dilakukan untuk alasan keamanan militer.

Sebagai informasi, Kementerian Dalam Negeri dan Keamanan Korsel juga mengungkapkan bahwa dana sebanyak itu didapatnya dari Pemerintah Pusat sebesar 5,4 triliun won (67,1 triliun rupiah), Pemerintah Daerah senilai 2,2 triliun won (Rp27,3 triliun rupiah), dan Sektor Swasta 5,6 triliun won (69,5 triliun rupiah).

(mth)

  • HOT !
    Aksi pengeboman sadis yang terjadi di Sri Lanka menewaskan banyak orang, tak hanya warga lokal melainkan juga turis Asing. Baru baru ini dilaporkan ada tiga anak konglomerat asal Denmark yang juga tewas dalam insiden tersebut....
  • HOT !
    Siapapun bisa mencalonkan diri sebagai pemimpin, bahkan presiden negaranya. Hal unik terjadi di Ukraina, Volodymyr Zelenskiy merupakan seorang komedian berhasil memenangkan Pemilu pada putaran kedua melawan Calon Presiden petahanan Petro Poroshenko....
  • HOT !
    Maraknya hasil pemilu yang beredar pada berbagai survey quick count di media, serta klaim kemenangan yang dilayangkan kandidat capres dan cawapres dapat berpengaruh pada situasi kondusif dan kebenaran atau fakta hasil pemilu 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)