SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dua Topik Inilah yang Diprediksi Paling Mencuat di Debat Presiden Kedua

Selasa, 29 Januari 2019 15:16 by reinasoebisono | 1156 hits
Dua Topik Inilah yang Diprediksi Paling Mencuat di Debat Presiden Kedua
Image source: Antara Foto

DREAMERS.ID - Setelah debat capres perdana yang mengundang banyak reaksi masyarakat, bukan berarti debat selanjutnya menjadi tidak dinantikan. Di putaran kedua yang dijadwalkan 17 Februari mendatang, tema yang dibahas adalah sumber pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan infrastruktur.

Melansir IDN Times, pengamat Institute for Development of Economics and Finance (Idenf) Bhima Yudhi memprediksi dua topik yang akan panas di debat selanjutnya. Yang pertama adalah pembahasan divestasi saham Freeport dan Blok Rokan.

Hal ini dianggap paling menarik karena akan dijadikan ‘serangan’ dari capres penantang mau pun pembelaan dari capres petahana yang menangani topik ini di dalam pemerintahanya. "Kemudian masalah Blok Rokan juga akan dibahas," kata Bhima.

Topik selanjutnya diprediksi masih akan menyinggung pasangan calon nomor urut 01 yang masih menjabat. Yaitu topik infrastruktur yang tak menutup kemungkinan akan dihubungkan dengan masalah utang, penyerapan tenaga kerja dan efek berantai infrastruktur terhadap ekonomi daerah.

Baca juga: Daftar Janji-Janji Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno di Debat Pilpres Ketiga yang Tak Boleh Dilupakan

"Infrastruktur yang menurunkan biaya logistik tentunya akan memenangkan siapa pun presiden baru nantinya," ujar Bhima.

Sementara dari sisi topik populis, bahan bakar minyak atau BBM diperkirakan akan jadi topik terhangat di babak kedua nanti. Berbeda dengan tema lingkungan hidup yang kemungkinan tidak menjadi isu menarik dalam debat karena masalah kebakaran hutan dianggap berhasil diatasi Pemerintahan Jokowi.

Hal baru yang perlu diketahui adalah kabar moderator yang masih tetap berjumlah dua orang di mana keduanya adalah jurnalis dan presenter, Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Penentuan ini berdasarkan kesepakatan antara KPU bersama tim pemenangan kedua capres-cawapres yakni Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ibu Kota baru Negara Republik Indonesia yang baru nantinya dan selama ini menjadi misteri akhirnya terjawab dengan Presiden Jokowi mengumumkan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Dikatakannya, lokasi tersebut telah dikaji dan dinilai paling ideal sebagai lokasi ibu kota baru....
  • HOT !
    Bukan hal asing para warga Korea Utara membelot atau kabur dari negaranya dan memasuki Korea Selatan. Mungkin banyak yang berpikir mereka melarikan diri karena tak tahan dengan peraturan negaranya, namun ternyata ada juga faktor lain....
  • HOT !
    Jumat dini hari tadi (23/8), Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta mengalami antrean panjang bagi penumpang yang hendak check in. Penyebabnya adalah adanya gangguan IT pada sistem check in....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)