SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Misteri mencairnya Es Antartika Mulai Terkuak

Rabu, 03 April 2013 17:45 by miko | 3834 hits
Misteri mencairnya Es Antartika Mulai Terkuak
tahukahblog.blogspot.com

Mencairnya bongkahan es yag terdapat di Antartika semakin mengkhawatirkan. Jika sebelumnya mencairnya es di kutub utara tersebut disebabkan perubahan iklim. Namun kini seorang ilmuwan berhasil mengungkap misteri mencairnya es di Antartika.

Jika sebelumnya banyak yang berpendapat, bagian permukaan es di Antartika telah mencair. Tetapi para peniliti percaya, es yang mencair di Antartika bukan pada permukaannya melainkan pada lapisan bawah, yang kemudian akan membeku kembali.

Tim peneliti dari Royal Netherlands Meteorological Institute mengatakan, Antartika merupakan sebuah benua yang dikelilingi oleh perairan terbuka, yang sangat memungkinkan es di laut terus ada selama musim dingin.

Studi yang sudah diterbitkan di Jurnal Nature Geoscience ini menyatakan, lautan es di Antartika akan terus meningkat meskipun terjadi pemanasan global.

Baca juga: Peneliti dari UGM Ini Jadi Orang Indonesia Pertama yang Teliti Kutub Selatan

“Hal itu disebabkan karena es hanya mencair pada lapisan bawah. Sementara pada lapisan atas akan terus bertambah, terutama pada musim dingin,” tutur Richard Bintanja, Peneliti dari Royal Netherlands Meteorological Institute, dilansir BBC.

Tak hanya itu, mereka pun memprediksi fenomena berulang ini akan terus berlangsung. Sedangkan Paul Holland mengaku tentang temuannya pada tahun lalu, karena angin yang bertiup kencang membuat es menjauh dari pantah sehingga membuat es berada di lautan terbuka.

“Kondisi air laut yang dingin memungkinkan es akan kembali terbentuk. Terutama pada musim dingin,” jelas Holland.

  • HOT !
    Setelah pembatalan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump soal pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara, pihak Korea Selatan ternyata melakukan pertemuan dengan Kim Jing Un....
  • HOT !
    Terdakwa kasus terorisme Aman Abdurrahman yang dituntut hukuman mati oleh jaksa hari ini, Jumat (25/5), menjalani sidang pledoi atau pembelaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dalam keterangannya, Aman mengatakan hal cukup mengejutkan karena berbeda dari pemahaman soal jihad di mata masyarakat selama ini....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)