home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pihak Boeing Disebut Tak Beri Semua Info Soal Fitur-fitur Pesawat Lion Air

Rabu, 14 November 2018 15:53 by reinasoebisono | 1330 hits
Pihak Boeing Disebut Tak Beri Semua Info Soal Fitur-fitur Pesawat Lion Air
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Dalam pengungkapan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP JT610, maskapai tersebut juga dibantu oleh pihak pembuat pesawatnya yaitu Boeing. Namun kini pihak Boeing disebut menyembunyikan informasi penting tentang potensi bahaya yang berasal dari fitur kontrol penerbangan.

Lebih khususnya lagi, fitu yang dipermasalahkan itu ada di jenis pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh bulan lalu, yaitu tipe pesawat Boeing 737 MAX 8. Dugaan ini disampaikan oleh Wall Street Journal (WSJ) yang mengutip pakar keamanan yang terlibat dalam investigasi jatuhnya pesawat nahas itu.

Melansir Detik, pejabat madya Federal Aviation Administration atau FAA dan sejumlah pilot pun mengungkapkan hal yang sama. Fitur yang dipermasalahkan tersebut adalah automated stall-prevention system yang terdapat pada Boeing 737 MAX 9 dan MAX 9.

Sebenarnya, fitur ini bertujuan membantu awak pesawat terhindar dari kekeliruan mengangkat hidung pesawat terlalu tinggi. Namun dalam kondisi yang tidak biasa, fitur ini bisa mendorong pesawat secara tak terduga dan sangat kuat sehingga awak pesawat tak bisa menariknya kembali.

Baca juga: 4 Maskapai Besar Indonesia Turunkan Tarif Penerbangan

Bahayanya, situasi ini disebut bisa mengakibatkan pesawat menukik curam atau kecelakaan. Kondisi demikian pun disebut masih tetap bisa terjadi bahkan ketika pilot menerbangkan pesawat secara manual.

Boeing dan otoritas penerbangan Amerika Serikat memang menerbitkan buletin keamanan untuk semua maskapai di dunia yang menggunakan pesawat MAX 8 setelah kecelakan Lion Air 29 Oktober lalu. Namun sejumlah pilot yang tergabung dalam Allied Pilot Association menngatakan jika buletin itu bukan penegasan prosedur, melainkan informasi baru yang tak pernah mereka ketahui sebelumnya.

"Mereka (Boeing) tidak memberi kami semua info yang kami butuhkan ketika kami menerbangkan pesawat," kata juru bicara Allied Pilot Association, Captain Dennis Tajer, seperti dilansir CNN.  "Buletin ini bukan penegasan kembali, melainkan suatu pencerahan dan informasi baru (yang belum kami ketahui sebelumnya),"

Asosiasi tersebut mengatakan manual Boeing 737 MAX 8 tidak memberi tahu pilot bahwa ketika komputer pesawat mendeteksi pesawat berada dalam kondisi stall, sistem itu secara otomatis memicu respons, seperti menurunkan hidung pesawat. Itu adalah informasi penting bagi pilot. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)