SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemprov DKI Memberi Anggaran Rp 925 Juta untuk Pengendalian Rabies dan 'KTP' Anjing

Selasa, 09 Oktober 2018 22:29 by sherleyyy | 1641 hits
Pemprov DKI Memberi Anggaran Rp 925 Juta untuk Pengendalian Rabies dan 'KTP' Anjing
Image source: tribunnews.com

DREAMERS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan anggaran sebesar Rp925 juta untuk pengendalian rabies. Anggaran tersebut sudah termasuk untuk pencetakan ‘KTP’ bagi anjing sebanyak 10 ribu lembar sebesar Rp20 juta.

Anggaran tersebut dapat dilihat di situs apbd.jakarta.go.id yang diakses pada Selasa (9/10). Total anggaran yang diberikan untuk pengendalian rabies adalah Rp 925.487.992.

Pengendalian rabies sendiri diatur dalam Pergub DKI Nomor 199 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies. Setelah melakukan sosialisasi selama setahun pada 2017, Pemprov DKI membagikan 500 microchip gratis pada anjing peliharaan.

“(Gratis) sementara untuk support saja, untuk mendukung saja. Untuk apa, ya untuk contoh, namanya peraturan baru,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DInas DKI Jakarta, Sri Hartati dikutip dari detikcom, Selasa (9/10).

Baca juga: Catat, Kepolisian Tetapkan Status Siaga Satu di Ibu Kota Sampai 25 Mei

Ia mengatakan bahwa melalui pergub tersebut, semua anjing yang ada di Jakarta didorong untuk memiliki tanda pengenal. Dalam tahun ini, Pemprov DKI juga masih melakukan sosialisasi dengan berbicara kepada pemilik klinik-klinik hewan.

“Dalam pergubnya, wajib bagi pemilik anjing, bukan hewan lain, ya, hanya anjing,” sebutnya.

Tidak hanya agar mengetahui riwayat penyakit anjing, pemilik juga dapat dimintai tanggung jawab jika anjingnya ditelantarkan. Nantinya, dalam jangka panjang, semua anjing yang masuk ke Jakarta juga diwajibkan menggunakan tanda pengenal.

"Jadi bertanggung jawab. Jangan kalau (pemilik) bosan, (anjing) dibuang ke jalanan begitu atau disia-sia. Banyak sih positif manfaatnya ke depan, banyak, karena di luar negeri sudah. Terus ketika mau keluar-masuk ke DKI Jakarta sudah wajib pakai microchip," jelasnya.

(shy)

  • HOT !
    Warga Ibu Kota DKI Jakarta telah bekerja dan kembali beraktivitas seperti biasa. Sayangnya, aktivitas tersebut terhalang dan menjadi tidak nyaman karena efek gas air mata karena merasakan mata perih saat berada di jalanan....
  • HOT !
    Setelah sempat mereda dan kondusif, suasana di sekitar Tanah Abang kembali terusik. Tepatnya di Stasiun Tanah Abang di mana para warga akan memulai aktivitasnya, dilempari oleh oknum yang mengadakan aksi massa....
  • HOT !
    Sedikit lebih cepat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya menuntasan rekapitulasi asional hasil Pilpres 2019. Di mana KPU menetapkan pasangan nomor urut 01, Jokowi Ma’ruf sebagai pemenang Pilpres 2019....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)