SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemprov DKI Memberi Anggaran Rp 925 Juta untuk Pengendalian Rabies dan 'KTP' Anjing

Selasa, 09 Oktober 2018 22:29 by sherleyyy | 1578 hits
Pemprov DKI Memberi Anggaran Rp 925 Juta untuk Pengendalian Rabies dan 'KTP' Anjing
Image source: tribunnews.com

DREAMERS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan anggaran sebesar Rp925 juta untuk pengendalian rabies. Anggaran tersebut sudah termasuk untuk pencetakan ‘KTP’ bagi anjing sebanyak 10 ribu lembar sebesar Rp20 juta.

Anggaran tersebut dapat dilihat di situs apbd.jakarta.go.id yang diakses pada Selasa (9/10). Total anggaran yang diberikan untuk pengendalian rabies adalah Rp 925.487.992.

Pengendalian rabies sendiri diatur dalam Pergub DKI Nomor 199 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies. Setelah melakukan sosialisasi selama setahun pada 2017, Pemprov DKI membagikan 500 microchip gratis pada anjing peliharaan.

“(Gratis) sementara untuk support saja, untuk mendukung saja. Untuk apa, ya untuk contoh, namanya peraturan baru,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DInas DKI Jakarta, Sri Hartati dikutip dari detikcom, Selasa (9/10).

Ia mengatakan bahwa melalui pergub tersebut, semua anjing yang ada di Jakarta didorong untuk memiliki tanda pengenal. Dalam tahun ini, Pemprov DKI juga masih melakukan sosialisasi dengan berbicara kepada pemilik klinik-klinik hewan.

“Dalam pergubnya, wajib bagi pemilik anjing, bukan hewan lain, ya, hanya anjing,” sebutnya.

Tidak hanya agar mengetahui riwayat penyakit anjing, pemilik juga dapat dimintai tanggung jawab jika anjingnya ditelantarkan. Nantinya, dalam jangka panjang, semua anjing yang masuk ke Jakarta juga diwajibkan menggunakan tanda pengenal.

"Jadi bertanggung jawab. Jangan kalau (pemilik) bosan, (anjing) dibuang ke jalanan begitu atau disia-sia. Banyak sih positif manfaatnya ke depan, banyak, karena di luar negeri sudah. Terus ketika mau keluar-masuk ke DKI Jakarta sudah wajib pakai microchip," jelasnya.

(shy)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)