SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pemprov DKI Memberi Anggaran Rp 925 Juta untuk Pengendalian Rabies dan 'KTP' Anjing

Selasa, 09 Oktober 2018 22:29 by sherleyyy | 1630 hits
Pemprov DKI Memberi Anggaran Rp 925 Juta untuk Pengendalian Rabies dan 'KTP' Anjing
Image source: tribunnews.com

DREAMERS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan anggaran sebesar Rp925 juta untuk pengendalian rabies. Anggaran tersebut sudah termasuk untuk pencetakan ‘KTP’ bagi anjing sebanyak 10 ribu lembar sebesar Rp20 juta.

Anggaran tersebut dapat dilihat di situs apbd.jakarta.go.id yang diakses pada Selasa (9/10). Total anggaran yang diberikan untuk pengendalian rabies adalah Rp 925.487.992.

Pengendalian rabies sendiri diatur dalam Pergub DKI Nomor 199 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies. Setelah melakukan sosialisasi selama setahun pada 2017, Pemprov DKI membagikan 500 microchip gratis pada anjing peliharaan.

“(Gratis) sementara untuk support saja, untuk mendukung saja. Untuk apa, ya untuk contoh, namanya peraturan baru,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DInas DKI Jakarta, Sri Hartati dikutip dari detikcom, Selasa (9/10).

Baca juga: Meriahkan Imlek, Anies Baswedan Menjadi Sasaran Foto Bersama

Ia mengatakan bahwa melalui pergub tersebut, semua anjing yang ada di Jakarta didorong untuk memiliki tanda pengenal. Dalam tahun ini, Pemprov DKI juga masih melakukan sosialisasi dengan berbicara kepada pemilik klinik-klinik hewan.

“Dalam pergubnya, wajib bagi pemilik anjing, bukan hewan lain, ya, hanya anjing,” sebutnya.

Tidak hanya agar mengetahui riwayat penyakit anjing, pemilik juga dapat dimintai tanggung jawab jika anjingnya ditelantarkan. Nantinya, dalam jangka panjang, semua anjing yang masuk ke Jakarta juga diwajibkan menggunakan tanda pengenal.

"Jadi bertanggung jawab. Jangan kalau (pemilik) bosan, (anjing) dibuang ke jalanan begitu atau disia-sia. Banyak sih positif manfaatnya ke depan, banyak, karena di luar negeri sudah. Terus ketika mau keluar-masuk ke DKI Jakarta sudah wajib pakai microchip," jelasnya.

(shy)

  • HOT !
    Setelah pertemuan Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura beberapa waktu lalu, Donald Trump menekan Korea Selatan untuk membayar tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di negara lebih mahal dari perjanjian sebelumnya....
  • HOT !
    Debat capres perdana yang berlangsung pada 17 Januari lalu mendapat beragam reaksi masyarakat. Tak sedikit yang menganggap jawaban pasangan Jokowi Ma’ruf dan Prabowo Sandiaga tak orisinil lantaran telah mendapat kisi kisi debat dari KPU....
  • HOT !
    Mantan Ibu negara Ani Yudhoyono jatuh sakit dan harus menjalani pengobatan diluar negeri. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun angkat bicara perihal penyakit yang tengah diderita istrinya itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)