SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tindakan Jepang yang Dilanda Topan Terdahsyat Sepanjang Sejarah 25 Tahun Terakhir

Selasa, 04 September 2018 15:09 by reinasoebisono | 946 hits
Tindakan Jepang yang Dilanda Topan Terdahsyat Sepanjang Sejarah 25 Tahun Terakhir
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Jepang tengah dilanda topan terdahsyat yang terjadi dalam 25 tahun terakhir yang kini nampaknya mulai memberikan dampak signifikan di sejumlah area di Negeri Sakura tersebut pada hari Selasa (4/9), Badan Meteorologi melaporkan.

Topan bernama Jebi itu membawa angin kencang berkecepatan hingga mencapai 216 km per jam dan membawa hujan deras yang memicu peringatan evakuasi banjir. Topan ini, melansir Liputan6, juga kabarnya telah menyebabkan longsor di Barat Jepang pada siang hari.

“Bagian timur negara itu juga terdampak badai tersebut," ujar Badan Meteorologi Jepang.

Peringatan ombak tinggi juga dikeluarkan kepada masyarakat di sejumlah wilayah untuk waspada terhadap banjir dan longsor lumpur akibat datangnya Topan Jebi. Namun di sisi lain, Ibu Kota Tokyo dikabarkan aman dari topan tersebut.

Baca juga: Pelaku Tusuk Leher Sendiri, Begini Suasana Mencekam Jepang Usai Penikaman Massal Tewaskan Anak-anak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Topan Jebi ini dikategorikan sebagai ‘sangat kuat’ berdasarkan kecepatan anginnya. Jebi kali ini sendiri adalah topan terdahsyat yang pernah menghantam Jepang sejak tahun 1993.

Karena itu, perintah evakuasi pun dikeluarkan di beberapa daerah di Prefektur Osaka, Kyoto, Wakayama dan Nara. Meski tidak bersifat wajib, warga rata-rata tidak mengikuti perintah evakuasi yang ketika hujan datang, akhirnya terjebak oleh air yang naik dengan cepat atau tanaha longsor.

Juru bicara pemerintah, Yoshihide Suga, mendorong masyarakat untuk ‘melakukan evakuasi lebih lebih awal’ dan bahwa pemerintah akan ‘mengambil semua cara’ untuk kesiapsiagaan krisis. Badan Meteorologi Jepang mengatakan, Topan Jebi diperkirakan akan melewati Laut Jepang pada Selasa malam dan bergerak ke utara, dan pada Rabu pagi, melemah menjadi badai ekstratropis.

(rei)

  • HOT !
    Untuk pertama kalinya Arab Saudi akan memiliki kelab malam yang akan dibuka di tepi pantai Jeddah. Kabar ini pun menarik reaksi banyak orang di media sosial....
  • HOT !
    Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta telah tiga kali menjalankan uji coba. Namun kereta yang menghubungkan Rawamangun Kelapa Gading itu tak kunjung juga dioperasikan secara komersial meski belum lama ini diuji coba untuk publik secara gratis....
  • HOT !
    Kabar dibukanya kembali pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS di tahun ini mencuat ke publik. Bahkan selain CPNS, pemerintah juga akan membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)