home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ke Dufan hingga Rumah, Joni Pemanjat Tiang Dihadiahi Bermacam Hal Saat Bertemu Jokowi

Senin, 20 Agustus 2018 22:23 by dian97 | 1662 hits
Ke Dufan hingga Rumah, Joni Pemanjat Tiang Dihadiahi Bermacam Hal Saat Bertemu Jokowi
Image source : Detik

DREAMERS.ID - Aksi Yohanes Ande Kala alias Joni yang memanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-73 di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapatkan banyak apresiasi. Kini Joni bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pertemuan tersebut terjadi saat Jokowi mengundang Joni untuk makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/8/2018). Dalam kesempatan ini Joni meminta hadiah sepeda dan juga rumah ke orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Sebelum makan siang bersama, Jokowi memanggil Joni berdiri di sampingnya untuk bertanya seputar aksinya tersebut.  Jokowi mengatakan jika ia telah menyaksikan video viral yang memperlihatkan aksi Joni memanjat tiang bendera setinggi 20 meter untuk membetulkan tali yang tersangkut saat Bendera Merah Putih akandikibarkan.

"Saya lihat di video ini juga terkaget-kaget. Tiangnya kan kecil sekali itu, dan tinggi sekali 20 meter. Di sini ada nggak yang berani naik seperti Joni. Kalau ada yang berani naik tiangnya yang dinaiki Joni saya beri sepeda," ujar Jokowi.

Jokowi pun mengingatkan Joni bahwa aksinya itu berbahaya, dan Jokowi juga menyampaikan ketika melihat video tersebut ia merasa khawatir serta cemas.

"Jon, kamu tahu apa yang kamu lakukan menaiki tiang itu adalah bahaya. Terus terang saya waktu lihat itu khawatir dan cemas. Gimana? Kok nggak takut menaiki tiang kecil, dan katanya kamu pas sakit perut?" ucap Jokowi.

Joni akhirnya menceritakan kepada Jokowi bagaimana ia akhirnya memutuskan untuk memanjat tiang bendera setinggi 23 meter itu.

"Jadi, pertama saya sakit perut. Terus dipanggil, suruh ke ruangan UKS," kata Joni. "Di ruangan itu diobati?" tanya Jokowi. "Tidak," katanya.

"Hanya duduk saja?" kata Jokowi lagi. "Iya. Diberi minum," jawab siswa kelas 1 SMP ini. "Duduk atau tiduran?" tanya Jokowi. "Tiduran," kata Joni.

"Terus ada bapak wakil bupati bilang, siapa yang bisa panjat tiang bendera ini? Langsung saya bangun lari. Lari buka sepatu langsung manjat," kata Joni. 

"Nggak ngomong dulu?" tanya Jokowi. "Nggak," kata Joni. Dengan rasa penasaran, Jokowi pun terus menanyakan Joni.

Baca juga: Agak Di Luar Nurul, Jokowi Ungkap Kaesang Telah Minta Restu Masuk PSI?

"Kamu yakin bisa sampai puncak?" kata Jokowi. "Yakin," kata Joni.  "Kenapa kamu yakin? Saya lihat setengah manjat kamu udah ngos-ngosan. Kenapa berhenti?" tanya Jokowi.

"Capek," jawab Jokowi yang mengundang tawa seisi ruangan utama Istana Negara. "Knp yakin bisa sampai? Sebelumnya memang sering manjat?" tanya Jokowi lagi.

"Biasa manjat pinang," kata Joni "Sebulan sekali," sambung Joni. 

Jokowi juga menanyakan apa yang dilakukan Joni setelah tiba di puncak tiang bendera tersebut "Saya ambil tali, lalu saya gigit," kata Joni."Baru melorot kan? Capek?" tanya Jokowi lagi. "Iya, capek," kata Joni.

Percakapan antara Jokowi dan Joni pun terus berlangsung, hingga akhirnya Presiden RI ini menanyakan apa yang Joni inginkan dari Presiden. Joni pun langsung menjawab, ia meminta sepeda kepada Jokowi.

"Sepeda," kata Joni. "Jauh-jauh dari Belu ke Jakarta masa hanya sepeda," timpal Jokowi. "Minta bikinin rumah saja," kata Joni lagi.

"Sudah itu saja? Sepeda sama rumah? Ya sudah. Nanti kalau saya tanya lagi tambah lagi nanti," ucap Jokowi tersenyum.

Jokowi juga berpesan kepada Joni untuk terus rajin belajar, terlebih lagi Joni mendapatkan beasiswa hingga kuliah.

"Saya titip belajar yang baik. Kan sudah dapat beasiswa kan? Belajar yang baik dan bekerja keras untuk meraih cita-coita. Memangnya nanti pingin jadi apa?" kata Jokowi.

"Jadi tentara," jawab Joni cepat. "Ya sudah, nanti langsung daftar ke Panglima," kata Jokowi.

Jokowi kembali mengatakan bahwa aksi Joni tersebut merupakan sebuah aksi yang sangat berbahaya, namun itulah keberanian dan pengorbandan agar Sang Merah Putih terus berkibar.

"Karena sebenarnya yang dilakukan Joni adalah sesuatu yang mebahayakan dan harus diingatkan. Tapi itulah keberanian dan pengorbanan tanpa pamrih yang ingin agar Merah Putih terus berkibar," kata Jokowi.

Tidak hanya sepeda dan rumah yang Joni terima ketika bertemu dengan Presiden Jokowi. Jokowi juga meminta kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk memberikan bonus ke Joni yakni mengajak jalan-jalan ke wahana hiburan Dunia Fantasi (Dufan) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Mumpung di Jakarta, diajak lihat Dunia Fantasi sama Taman Mini. Jangan dibawa yang sulit-sulit, kan masih dunia anak. Belum pernah kan? Ke Taman Mini dan Dunia Fantasi? Ya, itu nanti Pak Menseneg," kata Jokowi. 

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)