SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata JK: Pemilu 2019 Indonesia Akan Jadi yang Paling Rumit di Dunia

Senin, 25 Juni 2018 17:48 by reinasoebisono | 4290 hits
Kata JK: Pemilu 2019 Indonesia Akan Jadi yang Paling Rumit di Dunia
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pilkada Serentak segera dilaksanakan dan dianggap sebagai awal mulai panasnya dunia perpolitikan Nasional sampai Pemilu 2019 yang banyak dibicarakan, terutama Pilpres atau Pemilu Presiden. Namun Wapres Jusuf Kalla sempat berujar jika pemilu tahun depan akan jadi yang paling rumit di dunia.

Pernyataan itu disampaikannya saat memberikan kuliah umum Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) Lembaga Ketahanan Nasional 2018 di Istana Wakil Presiden, Jakarta. Hal itu disebutnya mengacu pada banyaknya kertas suara yang harus dicoblos masyarakat nantinya.

"Kenapa terumit? Karena orang akan memilih lima tingkatan, yaitu DPR nasional, tingkat 1, tingkat 2, DPD, dan presiden. Lima kertas mesti dicoblos," ujar Kalla, Senin (25/6).

Baca juga: Pahami dan Awasi Aturan Iklan Kampanye untuk Pemilu 2019

Nantinya di dalam surat suara pemilihan DPR, DPD, DPRD tingkat 1, dan DPRD tingkat 2 akan terdapat banyak nama calon. Sebab, 12 partai politik yang ada akan mengusulkan delapan orang di dalamnya.

Belum lagi dengan surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Semua pemilihan itu akan dilakukan secara bersamaan di balik bilik suara. Karena itu, JK juga meyakini jika penghitungan suaranya juga akan memakan banyak waktu.

"Bayangkan rumitnya itu. Dan pasti orang akan lebih mencapai hasil pilpresnya dulu. Pasti quick count-nya ke (pemilu) presiden, enggak akan ke DPR lagi," kata dia. "Perhitungan pasti mungkin 1-2 hari penuh. Maka saya katakan, ini pemilu paling rumit di dunia yang kita alami,"

(rei)

  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sejak 8 14 Oktober 2018. Sempat dikritik menghamburkan uang negara,gelaran akbar ini justru diklaim mendapat respon positif dari negara negara asing. ...
  • HOT !
    Partai Gerindra resmi mempolisikan aktivis Ratna Sarumpaet akibat kasus hoax penganiayaan yang menimpa dirinya. Gerindra menyebutkan bahwa itu merupakan risiko dari tindakan Ratna....
  • HOT !
    Dikarenakan hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet, Partai Golkar menyebutkan bahwa Prabowo Subianto dan tim suksesnya sudah kehilangan kredibilitas. Golkar mengungkit latar belakang Prabowo di dunia militer mengenai sikap atas kasus Ratna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)