SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Malaysia Siap Serang Dengan Produksi Batik

Kamis, 21 Maret 2013 13:15 by miko | 1992 hits
Duh, Malaysia Siap Serang Dengan Produksi Batik
traveler.nationalgeograph

Meski batik telah ditetapkan dunia sebagai warisan milik bangsa Indonesia, sepertinya Malaysia tak memiliki perasaan malu yang akan melakukan serangan batik dengan memproduksi batik dalam skala besar.

Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia, Datuk Seri Mustapa Mohamed telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Datuk Seri Rais Yatim untuk berdiskusi mengenai industri batik.

Pemerintah Malaysia menyatakan komitmennya untuk mengembangkan batik secara besar-besaran dengan memberi perhatian penuh.

“Industri batik memerlukan perhatian serius dan perlu strategi perencanaan pengembangan hingga tahun 2020,” tutur Mustapa seperti dilansir dari Bernama.

Baca juga: Dilantik, Presiden Zimbabwe Ini Gemar Pakai Batik Indonesia

Tak hanya itu, Mustapa juga mengatakan terkait isu seperti harga bahan baku kain putih polos, warna dan bahan kimia dan strategi pemasaran dan masalah lingkungan hidup mereka akan memberikan perhatian secara penuh.

“Kami menyadari bahwa ekspor batik kita menguap di sekitar 160 juta ringgit setiap tahunnya, karena persaingan yang ketat dari negara penghasil batik lainnya,” terangnya.

Malaysia memiliki 400 perusahaan manufaktur produsen batik di Kelantan. Tetapi hanya 150 yang cukup aktif. Pemerintah Malaysia khawatir jika masalah industri batik tidak didorong dan diseriusi, maka akan menjadi penurunan industri yang membuat produsen gulung tikar.

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)