home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Benar Manusia, Inilah Fakta Sebenarnya Mumi Atacama yang Selama Ini Viral Disebut Alien

Jumat, 23 Maret 2018 10:20 by reinasoebisono | 3244 hits
Benar Manusia, Inilah Fakta Sebenarnya Mumi Atacama yang Selama Ini Viral Disebut Alien
Image source: Sirius Disclosure

DREAMERS.ID - Di zaman modern seperti sekarang, hal-hal primitif tentu menjadi hal yang tidak biasa dan selalu menarik perhatian. Salah satunya adalah penemuan mumi super mini yang ditemukan di Gurun Atacama, Chile pada tahun 2003 lalu.

Mumi yang diberi nama Ata itu berada di dalam kantong kulit di sebuah gereja tua yang tidak lagi dipakai. Disebut super mini karena ukurannya sangat mungil, hanya 6 inchi atau 15 cm. Namun telah berbentuk tubuh layaknya manusia, tak heran banyak pihak yang menyebutnya hoax alias berita bohong.

Belum lagi bentuk tulang tengkoraknya yang lonjong dan lancip ke atas. Rongga mata mumi ini juga menyamping dan panjang. Sedangkan jumlah tulang rusuknya hanya 10 pasang, tak seperti manusia normal yang memiliki 12 pasang. Sehingga jangan heran jika mumi ini dianggap alien atau makhluk asing yang bukan berasal dari mumi.

Namun selama 5 tahun terakhir, para peneliti yang melakukan kajian analisis genomic atau meneliti DNA mengungkapkan faktanya. Mumi Ata adalah benar manusia, hanya saja mumi ini mengalami sejumlah mutasi tulang akibat penyakit tertentu yang termasuk kasus langka.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Melansir Detik, mumi ini adalah jasad seorang bayi perempuan yang memiliki penyakit dwarfisme. Yaitu sebuah kondisi saat seseorang mengalami gangguan pertumbuhan dan membuatnya kecil.

Hasil pengujian di Stanford University di San Francisco dan di University of California menyatakan bayi yang menjadi mumi yang sempat diduga dari zaman kuno ini, ternyata meninggal sekitar 40 tahun lalu. Bayi ini memiliki kondisi genetik tidak normal yang memperlambat pertumbuhannya. Mumi ini diyakini merupakan bayi prematur atau bayi yang meninggal usai dilahirkan. 

"Sementara kisah ini berawal sebagai kisah soal alien, dan menjadi global, ini sungguh kisah soal tragedi manusia," ucap Gary Nolan, profesor mikrobiologi dan imunologi dari Stanford University, yang memimpin penelitian ini.

"Seorang wanita melahirkan bayi yang tidak terbentuk normal, diawetkan secara khusus dan kemudian dijual sebagai artefak aneh. Belakangan terungkap ternyata manusia, dengan kisah genetik mengagumkan yang mungkin bisa kita pelajari untuk membantu orang lain. Semoga dia beristirahat dalam damai," imbuhnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)