SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inikah Lima Sinyal Dukungan SBY dan Demokrat Kepada Jokowi Agar AHY Dipasangkan Jadi Cawapres?

Senin, 12 Maret 2018 10:09 by reinasoebisono | 2294 hits
Inikah Lima Sinyal Dukungan SBY dan Demokrat Kepada Jokowi Agar AHY Dipasangkan Jadi Cawapres?
Image source: Tribunnews

DREAMERS.IDEuforia pemilihan umum sudah kental terasa dengan banyaknya silaturahim politik antar elit politik dengan presiden. Salah satunya yang jadi perhatian adalah kunjungan Presiden Jokowi ke Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat di Sentul International Convention center, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3) lalu.

Pidato sambutan Jokowi yang disampaikan dengan cair dan penuh guyonan juga direspon oleh Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang juga adalah Mantan Presiden Republik Indonesia. Dalam pidatonya, SBY disinyalir berulang kali memberi dukungan terhadap Jokowi.

Yang pertama, melansir Suara, SBY menekankan jika suksesnya Pemilu adalah tanggung jawab moral dan politik Presiden Jokowi. Karena itu Demokrat akan membantu Jokowi menyukseskan Pemilu yang adil dan jujur.

Kedua, SBY menyatakan Jokowi adalah pemimpin bangsa. Sehingga dalam etika yang dipahami Partai Demokrat, wajib hukumnya bagi Demokrat memberi penghormatan tinggi bagi Jokowi Ketiga, SBY memahami Pemerintahan Jokowi tengah berjuang mengatasi tekanan ekonomi global dan regional yang dapat berdampak pula pada ekonomi nasional.

SBY pun mendoakan sekaligus meyakini Pemerintahan Presiden Jokowi dapat sukses menjawab tantangan yang ada dan mengakhiri masa bakti lima tahun periode pertama dengan gemilang.  Keempat, SBY menyatakan harapan dan doanya agar Jokowi sukses pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 sesuai harapan dan keinginan Jokowi.


Image source: Merdeka

Baca juga: Sempat Diminta Tak Gunakan Fasilitas Meski Masih Jadi Presiden, Mengapa Jokowi Naik Pesawat TNI AU Saat Tinjau Palu?

Kelima, yang paling lugas dan benderang, SBY menyatakan Demokrat bisa mendukung Jokowi jika takdir Tuhan sudah memutuskan. Namun khusus untuk yang terakhir, SBY menegaskan jika kebersamaan Demokrat dengan Jokoi hanya mungkin tercipta jika dilandasi dengan rasa saling percaya dan saling menghargai.

Pengamat politik dari "The Indonesian Institute" Fadel Basrianto mengatakan saat ini Jokowi merupakan tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas tertiggi dibandingkan kandidat lain yang pernah disebut dalam sejumlah survei selama ini.

Pidato SBY tersebut, disebut sebagai sinyal politik dan bentuk strategi untuk emmanfaatkan momentum tingginya elektabilitas Jokowi untuk menjajaki kemungkinan dipasangkannya Jokowi dengan putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono dalam Pilpres 2019.

Awalnya memang ada cukup banyak hal yang berseberangan antara SBY dengan Jokowi. Namun nampaknya Demokrat mulai berpikir rasional melihat ketiadaan alternatif calon lain yang bisa mengimbangi Jokowi membuat SBY dan Demokrat kemungkinan masuk ke dalam lingkara pendukung Jokowi.

(rei)

  • HOT !
    Kasus suap yang menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hasanah sebagai tersangka berlanjut penyelidikannya. Kali ini melebar ke penggeledahan hingga total 10 lokasi di mana salah satunya adalah rumah bos alias petinggi atau CEO Lippo Group, James Riady. ...
  • HOT !
    Saat ini, kita sudah memasuki masa kampanye untuk Pilpres 2019. Kampanye sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan iklan kampanye....
  • HOT !
    Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) lalu mendapat ucapan dukacita baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satunya adalah dari Ratu Elizabeth II....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)