SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Panmunjeom atau Jeju, Lokasi Mana yang Akan Dipilih untuk Pertemuan Bersejarah Trump-Kim Jong Un?

Jumat, 09 Maret 2018 15:40 by reinasoebisono | 1744 hits
Panmunjeom atau Jeju, Lokasi Mana yang Akan Dipilih untuk Pertemuan Bersejarah Trump-Kim Jong Un?
Image source: People

DREAMERS.ID - Kabar mengejutkan dilaporkan Korea Selatan jika Kim Jong Un yang juga pemimpin Korea Utara mengundang Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk duduk bersama dan berdiskusi. Pertemuan bersejarah ini pun membuat penasaran akan diadakan di mana.

Karena perlu diketahui, Trump disinyalir tidak mungkin  ke Ibu Kota Korea Utara Pyongyang. Sedangkan Kim Jong Un juga belum pernah meninggalkan negaranya sejak menjabat 2011 lalu. Begitu juga dengan Amerika, peneliti senior Cho Han Bum dari Institut Korea untuk Penyatuan Dua Korea mengatakan Washington bukanlah sebuah pilihan.

Melansir beberapa sumber seperti Detik dan Korea Herald, desa gencatan senjata Panmunjeom adalah pilihan terkuat untuk pertemuan dua kepala negara tersebut. Hal ini disebabkan Panmunjeom ada di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) atau zona netral di antara dua Korea.


Zona Demiliterisasi, Desa Panmunjeom (Korea Herald)

Baca juga: Kim Jong Un 'Keukeuh' Ketemu Donald Trump Meski Telah Dibatalkan Secara Sepihak

“Sulit untuk mengatakan jika Kim (Jong Un) telah mengkonsolidasikan kekuatannya dan tak mudah bagi Kim untuk meninggalkan Pyongyang di tengah sanksi yang sedang ditingkatkan. Desa gencatan senjata Penmunjeom atau Pulau Jeju akan jadi yang paling mungkin untuk perundingan damai,” kata Cho Han Bum.

“Pulau Jeju adalah simbol perdamaian karena ditunjul sebagai Pulau Perdamaian Dunia oleh (Korea) Selatan. Dan yang terpenting, pulau ini adalah tempat yang nyaman untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain oleh kedua belah pihak,” lanjut Cho.

Gedung Putih juga mengkonfirmasi jika Trump siap bertemu Kim Jong Un pada Mei mendatang. Meski begitu, waktu pasti beserta lokasinya belum diumumkan.

(rei)

  • HOT !
    Setelah pembatalan sepihak dari Amerika Serikat soal pertemuan Presiden Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi, Kim Jong Un dari Korea Utara kembali bertemu dengna Presiden Korea Selatan, Moon Jae In....
  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Isu perselingkuhan menimpa Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. Meski belum ada detail soal perselingkuhan itu, isu ini beredar santer di media sosial dan pemberitaan hingga berbagai klarifikasi muncul, termasuk dari Fadli Zon sendiri....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)