SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Panmunjeom atau Jeju, Lokasi Mana yang Akan Dipilih untuk Pertemuan Bersejarah Trump-Kim Jong Un?

Jumat, 09 Maret 2018 15:40 by reinasoebisono | 1790 hits
Panmunjeom atau Jeju, Lokasi Mana yang Akan Dipilih untuk Pertemuan Bersejarah Trump-Kim Jong Un?
Image source: People

DREAMERS.ID - Kabar mengejutkan dilaporkan Korea Selatan jika Kim Jong Un yang juga pemimpin Korea Utara mengundang Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk duduk bersama dan berdiskusi. Pertemuan bersejarah ini pun membuat penasaran akan diadakan di mana.

Karena perlu diketahui, Trump disinyalir tidak mungkin  ke Ibu Kota Korea Utara Pyongyang. Sedangkan Kim Jong Un juga belum pernah meninggalkan negaranya sejak menjabat 2011 lalu. Begitu juga dengan Amerika, peneliti senior Cho Han Bum dari Institut Korea untuk Penyatuan Dua Korea mengatakan Washington bukanlah sebuah pilihan.

Melansir beberapa sumber seperti Detik dan Korea Herald, desa gencatan senjata Panmunjeom adalah pilihan terkuat untuk pertemuan dua kepala negara tersebut. Hal ini disebabkan Panmunjeom ada di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) atau zona netral di antara dua Korea.


Zona Demiliterisasi, Desa Panmunjeom (Korea Herald)

Baca juga: Masih Kena Sanksi Ekonomi, Dari Mana Kim Jong Un Bisa Dapatkan Mobil Kepresidenan yang Mewah?

“Sulit untuk mengatakan jika Kim (Jong Un) telah mengkonsolidasikan kekuatannya dan tak mudah bagi Kim untuk meninggalkan Pyongyang di tengah sanksi yang sedang ditingkatkan. Desa gencatan senjata Penmunjeom atau Pulau Jeju akan jadi yang paling mungkin untuk perundingan damai,” kata Cho Han Bum.

“Pulau Jeju adalah simbol perdamaian karena ditunjul sebagai Pulau Perdamaian Dunia oleh (Korea) Selatan. Dan yang terpenting, pulau ini adalah tempat yang nyaman untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain oleh kedua belah pihak,” lanjut Cho.

Gedung Putih juga mengkonfirmasi jika Trump siap bertemu Kim Jong Un pada Mei mendatang. Meski begitu, waktu pasti beserta lokasinya belum diumumkan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Potensi gempa 8.8 skala richter dan tsunami 20 meter di pesisir Jawa muncul belakangan ini tentu meresahkan masyarakat. Karena bagaimana pun, gempa selama ini hanya bisa diprediksi besaran dan dampaknya, belum bisa diperkirakan kapan waktu akan terjadinya....
  • HOT !
    Banyaknya negara di seluruh dunia, mungkin menjadi salah satu faktor kita tidak menyadari keberadaan satu sama lain. Bahkan fakta bahwa ternyata terdapat beberapa negara di dunia yang sudah dihapus dari peta dunia....
  • HOT !
    Pertemuan antara Joko Widodo sang presiden terpilih dan rivalnya di kontestasi Pilpres 2019 lalu membekas di ingatan. Pertemuan tanpa aba aba itu terjadi di Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Senayan dan berakhir dengan makan manis di salah satu mall di Jaksel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)