SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Panmunjeom atau Jeju, Lokasi Mana yang Akan Dipilih untuk Pertemuan Bersejarah Trump-Kim Jong Un?

Jumat, 09 Maret 2018 15:40 by reinasoebisono | 1783 hits
Panmunjeom atau Jeju, Lokasi Mana yang Akan Dipilih untuk Pertemuan Bersejarah Trump-Kim Jong Un?
Image source: People

DREAMERS.ID - Kabar mengejutkan dilaporkan Korea Selatan jika Kim Jong Un yang juga pemimpin Korea Utara mengundang Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk duduk bersama dan berdiskusi. Pertemuan bersejarah ini pun membuat penasaran akan diadakan di mana.

Karena perlu diketahui, Trump disinyalir tidak mungkin  ke Ibu Kota Korea Utara Pyongyang. Sedangkan Kim Jong Un juga belum pernah meninggalkan negaranya sejak menjabat 2011 lalu. Begitu juga dengan Amerika, peneliti senior Cho Han Bum dari Institut Korea untuk Penyatuan Dua Korea mengatakan Washington bukanlah sebuah pilihan.

Melansir beberapa sumber seperti Detik dan Korea Herald, desa gencatan senjata Panmunjeom adalah pilihan terkuat untuk pertemuan dua kepala negara tersebut. Hal ini disebabkan Panmunjeom ada di Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) atau zona netral di antara dua Korea.


Zona Demiliterisasi, Desa Panmunjeom (Korea Herald)

Baca juga: Moon Jae In Sebut Pertemuan Kedua Kim Jong Un - Donald Trump Bisa Jadi Titik Balik Perdamaian Semenanjung Korea

“Sulit untuk mengatakan jika Kim (Jong Un) telah mengkonsolidasikan kekuatannya dan tak mudah bagi Kim untuk meninggalkan Pyongyang di tengah sanksi yang sedang ditingkatkan. Desa gencatan senjata Penmunjeom atau Pulau Jeju akan jadi yang paling mungkin untuk perundingan damai,” kata Cho Han Bum.

“Pulau Jeju adalah simbol perdamaian karena ditunjul sebagai Pulau Perdamaian Dunia oleh (Korea) Selatan. Dan yang terpenting, pulau ini adalah tempat yang nyaman untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain oleh kedua belah pihak,” lanjut Cho.

Gedung Putih juga mengkonfirmasi jika Trump siap bertemu Kim Jong Un pada Mei mendatang. Meski begitu, waktu pasti beserta lokasinya belum diumumkan.

(rei)

  • HOT !
    Akhir bulan ini tepatnya tanggal pada 27 28 Februari di Hanoi, Vietnam, akan kembali digelar pertemuan kedua antara Kim Jong Un dan Donald Trump. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In mengatakan jika pertemuan itu bisa jadi titik balik bagi hubungan Semenanjung Korea....
  • HOT !
    Indonesia bersedia menjadi tuan rumah multi event terbesar di dunia, Olimpiade, pada tahun 2032 mendatang. Indonesia mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 karena kesuksesan yang diraih saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018....
  • HOT !
    Sebuah buku tebal terlihat berada di atas meja Prabowo ketika menjalani debat capres putaran kedua di Hotel Sultan Jakarta pada Minggu (17/02/19) malam. Lalu buku seperti apa yang dibawa Prabowo itu?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)