home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Lebih dari Lapangan Sepak Bola, Ini Dia Pesawat Unik Terbesar di Dunia yang Baru Diuji Coba, Stratolaunch!

Rabu, 28 Februari 2018 10:31 by reinasoebisono | 9686 hits
Lebih dari Lapangan Sepak Bola, Ini Dia Pesawat Unik Terbesar di Dunia yang Baru Diuji Coba, Stratolaunch!
Image source: arstechnica.com

DREAMERS.ID - Sebuah pesawat unik dan diklaim sebagai yang terbesar di dunia, Stratolaunch telah melakukan uji coba perdananya dan langsung mendapat perhatian. Pesawat ini juga ternyata didanai oleh salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen.

Enam mesinnya yang sangat kuat dijajal berjalan di landasan Mojave Air and Space Port di California, Amerika Serikat. Dalam uji coba ini, Stratolaunch sukses berjalan dengan kecepatan 40 knots atau sekitar 74 kilometer per jam, lansir Detik.


Soal ukuran, pesawat yang ditargetkan mengudara 2019 mendatang ini memiliki rentang sayap mencapai 117 meter atau lebih panjang dari sebuah lapangan sepak bola. Tingginya sendiri mencapai 15 meter.

Baca juga: Ironi Dari Para Ahli: Harga Tiket Pesawat Turun Drastis Tapi Bukan Saat Yang Tepat Untuk Membeli

Makin besar pesawat, asupannya tentu makin besar. Karena berat kosongnya sudah 226.800 Kg, dan akan menjadi sekitar 589.670 Kg setelah diisi bahan bakar. Itu artinya, Stratolaunch membutuhkan bbm avtur seberat 113.400 sendiri untuk bisa mengudara.


Pesawat ini makin unik karena terlihat bergandengan untuk menyeimbangkan bobotnya. Roda pesawatnya sendiri mencapai 28 buah dengan 6 mesin jet Boeing 747. Meski begitu, pesawat ini sebenarnya bukanlah untuk tujuan komersil.

Paul Allen membuatnya untuk mengangkut roket hingga ke laposan stratosfer, kemudian diluncurkan di atas sana. Karena menurutnya, teknologi peluncuran roket di udara ini diyakini lebih murah dan efisien jika dibandingkan dengan peluncuran roket di darat.

(rei/image: arstechnica.com)

Komentar
  • HOT !
    Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Senin (10/8) pagi. Erupsi ini dilaporkan membuat seluruh kota Berastagi gelap karena abu vulkanik pekat yang dimuntahkannya....
  • HOT !
    Tepat pada 6 Agustus 1945, atau 75 tahun yang lalu Amerika Serikat menjatuhkan bom nuklir di kota Hiroshima, Jepang. Tiga hari kemudian, pada 9 Agustus Amerika kembali menjatuhkan bom nuklir di Nagasaki....
  • HOT !
    I Gede Ari Astina atau yang lebih dikenal dengan Jerinx SID dilaporkan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bali karena postingan di media sosial yang menyebut IDI sebagai kacung WHO (World Helath Organization)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indeenski
Cast : Baekhyun, Chanyeol, Irene

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)