home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Janjikan Perdamaian, Korsel-Korut Siap Bawa 'Hadiah' Bahagia dan Tulus di Awal Tahun

Rabu, 10 Januari 2018 11:20 by reinasoebisono | 1267 hits
Janjikan Perdamaian, Korsel-Korut Siap Bawa 'Hadiah' Bahagia dan Tulus di Awal Tahun
Image source: Korea Herald

DREAMERS.ID - Pertama kali dalam waktu dua tahun lebih, dua negara Korea memulai pembicaraan di Zona Demiliterisasi yang memisahkan semenanjung tersebut. Tak terduga sebelumnya, Korea Utara mengekspresikan keinginan untuk berbicara di tingkat yang lebih tinggi dengan Korsel untuk keperluan perdamaian.

“Korea Utara menjamin kedamaian di Semenanjung Korea, berbicara tentang pengajuan rekonsiliasi di antara warga Korea dan menyelesaikan isu yang berada di sekeliling Korsel dan Korut melalui dialog dan peraturan-peratuan,” tutur Vice Unification Minister, Chun Hae Sung.

“Korea Utara (juga) mengungkapkan harapannya untuk mengirim banyak delegasi ke ajang Olimpiade PyeongChang (di Korsel),” tambah Chun.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Pembicaraan Tingkat Tinggi itu dilakukan di Panmunjom, sesa gencatan senjata yang memisahkan dua Korea pada Selasa (9/1) kemarin. Korea Utara juga disebutkan memasuki perundingan dengan sikap yang serius dan tulus. Hasil tak ternilai dari pembicaraan itu pun dinantikan sebagai hadiah pertama di tahun ini.

"Pembicaraan kami dimulai setelah Korea Utara dan Selatan menderita dalam waktu lama, tapi saya yakin langkah pertama ini separuh perjalanan," kata Menteri Unifikasi Korea Selatan Cho Myoung Gyon.  "Akan baik bagi kita untuk memberikan 'hadiah yang bagus' seperti yang Anda sebutkan tadi".

Pembicaraan kali ini juga membahas kelanjutan reuni keluarga yang terpisah selama Perang Korea yang telah gagal dilaksanakan selama 2 tahun belakangan. Sementara perihal masalah pelucutan senjata nuklir, Korut memilih bungkam namun nampak memperhatian ucapan pihak Korea Selatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)