home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini 10 Fakta Soal Korea Utara yang Perlu Diperhatikan Amerika Serikat

Minggu, 31 Desember 2017 15:24 by bellaevania | 2844 hits
Ini 10 Fakta Soal Korea Utara yang Perlu Diperhatikan Amerika Serikat
Image Source: BBC

DREAMERS.ID - Ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat masih berlangsung. Amerika diketahui menjadi target utama serangan Korea Utara karena dianggap hendak menginvasi negaranya. Berbagai usaha pun dilakukan Amerika Serikat untuk menghentikan produksi dan uji coba nuklir Korea Utara termasuk hingga dijatuhkannya sanksi PBB.

Pelarangan kerja sama dagang dengan Korea Utara menjadi salah satu sanksi PBB untuk mematikan alokasi dana pembuatan nuklir. Namun negara Cina diketahui melakukan pelanggaran dengan melakukan perdagangan minyak secara diam-diam dengan Pyongyang. Pada Kamis (29/12/17), Presiden Donald Trump pun mengungkapkan kekecewaannya dengan Cina.

Dengan segala sanksi yang dijatuhkan PBB kepada Korea Utara. Negara yang dipimpin Kim Jong Un tersebut seperti tak gentar dan terus melanjutkan ancaman nuklir yang direncanakannya. Lantas apakah ancaman nuklir Korea Utara hanyalah gertakan saja?

Berikut 10 fakta yang harus diperhatikan Amerika terkait rencana Korea Utara menyerang daratan Amerika Serikat atau pangkalan militernya di Asia, seperti dikutip dari Newsweek melalui Tempo.

1. Korea Utara telah melaksanakan sekitar 100 uji coba rudal balistik sejak 2011, saat Kim mengambil alih kekuasaan setelah ayahnya Kim Jong Il meninggal, serta beberapa uji coba nuklir bawah tanah.

2. Rezim Kim Jong-un diyakini memiliki sekitar 20-25 hulu ledak nuklir.

3. Uji coba terbaru Korea Utara dari ICBM Hwasong-15 yang baru pada November lalu mencapai ketinggian 4.475 kilometer. Rudal ini memiliki jarak potensial 13.000 kilometer, yang berarti dapat menyerang wilayah mana saja di daratan Amerika.

Baca juga: Korea Utara Kutuk Keras Amerika yang Gunakan Hak Veto Tolak Gencatan Senjata di Gaza

4. Meskipun tingkat kemiskinan tinggi, Korea Utara menghabiskan sekitar US$ 3,5 miliar atau setara Rp 43,3 triliun setiap tahun untuk pengeluaran militer dari tahun 2004 sampai 2014.

5. Serangan nuklir Korea Utara dapat menyebabkan 2,1 juta kematian di Tokyo dan Seoul saja.

6. Militer Korea Utara memiliki sekitar 1.300 pesawat terbang dan hampir 300 helikopter.

7. Militer Kim Jong Un  juga memiliki 430 kapal tempur, 70 kapal selam, 4.300 tank dan 5.500 peluncur roket ganda.

8. Ada sekitar 28.500 tentara Amerika yang ditempatkan di Korea Selatan, membuat mereka sangat rentan terhadap serangan Korea Utara.

9. Korea Utara dan Selatan dibagi dengan zona demiliterisasi yang dijaga ketat.

10. Kira-kira 780 orang Korea Utara melarikan diri ke Korea Selatan tahun ini, sekitar 13 persen turun dari tahun 2016.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)