SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Empat Huruf Soal Tren Sosial, Kenali Makna dari Singkatan 'LGBTQQIAAP'

Rabu, 20 Desember 2017 18:15 by reinasoebisono | 2728 hits
Tak Hanya Empat Huruf Soal Tren Sosial, Kenali Makna dari Singkatan 'LGBTQQIAAP'
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan jika tak satu pun agama di muka bumi yang mentolerir perilaku LGBT. Namun permasalahannya adalah bagaimana masyarakat menyikapi mereka yang memiliki orientasi seksual semacam itu.

Menteri Lukman pun tetap menghimbau masyarakat untuk tidak menjauhi pelaku LGBT. Justru harus dirangkul dan diayomi. Karena kata Lukman, agama adalah mengajak, jika ditemukan perilaku yang dianggap menyesatkan, jadi kewajiban penganut agama untuk mengajak ke jalan yang benar.

Isu sosial semacam ini memang tengah diviralkan beberapa tahun belakangan. Namun ternyata ada berbagai singkatan yang menggambarkan orientasi seksual lain selain heteroseksual atau penyuka lawan jenis. Apa saja istilah tersebut melansir laman BBC?

L - lesbian: seorang perempuan yang tertarik dengan perempuan lain.

G - gay: seorang pria yang tertarik dengan pria lain atau sering dipakai untuk menggambarkan homoseksual.

B - bisexual: orang tertarik baik kepada pria dan perempuan.

T - transgender: orang yang identitas gendernya bukan laki-laki dan perempuan atau berbeda dengan yang biasa ditulis dokter di sertifikat kelahiran.

Baca juga: Sempat Jadi yang Pertama Melegalkan, Negara di Asia Ini Resmi Tolak Pernikahan Sesama Jenis

Q - queer: pada awalnya dibuat sebagai istilah kebencian. Kata ini bisa digunakan sebagai pernyataan politik dan menunjukkan seseorang yang tidak mau diidentifikasi sebagai gender yang bisa dipasangkan, misalnya laki dan perempuan, homoseksual dan heteroseksual, atau mereka yang tidak mau diberi label berdasarkan orientasi seksual mereka.

Q - questioning: seseorang yang masih mengeksplorasi identitas gender dan orientasi seksual mereka.

I - intersex: orang yang tubuhnya jelas bukan laki atau perempuan. Ini mungkin karena mereka memiliki kromosom yang bukan XX atau XY atau karena alat reproduksi mereka bukan dikategorikan sebagai 'standar'.

A - allies: orang yang mengidentifikasi diri sebagai heteroseksual namun mendukung komunitas LGBTQQIAAP.

A - asexual:orang yang tidak tertarik secara seksual kepada gender apa pun.

P - pansexual: orang yang ketertarikan seksualnya bukan berdasarkan gender dan bisa mengkategorikan diri ke gender atau identitas seksual apa pun.

(rei)

  • HOT !
    Negara negara maju biasanya memiliki biaya hidup yang tinggi, dan baru baru ini survei tahunan yang dibuat oleh Economist Intelligence Unit. Pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir, tiga kota menempati urutan teratas daftar kota termahal....
  • HOT !
    Sebelum menjadi pengusaha ternama hingga mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pilpres 2019, Sandiaga Uno hanya seorang laki laki biasa dan seorang suami dari keluarga kecil dan sederhana. Ia bahkan mengaku sempat menjadi pengangguran....
  • HOT !
    Penampilan Ma’ruf Amin di debat Pilpres ketiga menyisakan beragam pendapat. Digelar pada Minggu (17/03/19) malam di Hotel Sultan Senayan, tercatat Ma’ruf Amin melontarkan beberapa istilah istilah yang menarik....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)