SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Empat Huruf Soal Tren Sosial, Kenali Makna dari Singkatan 'LGBTQQIAAP'

Rabu, 20 Desember 2017 18:15 by reinasoebisono | 2638 hits
Tak Hanya Empat Huruf Soal Tren Sosial, Kenali Makna dari Singkatan 'LGBTQQIAAP'
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan jika tak satu pun agama di muka bumi yang mentolerir perilaku LGBT. Namun permasalahannya adalah bagaimana masyarakat menyikapi mereka yang memiliki orientasi seksual semacam itu.

Menteri Lukman pun tetap menghimbau masyarakat untuk tidak menjauhi pelaku LGBT. Justru harus dirangkul dan diayomi. Karena kata Lukman, agama adalah mengajak, jika ditemukan perilaku yang dianggap menyesatkan, jadi kewajiban penganut agama untuk mengajak ke jalan yang benar.

Isu sosial semacam ini memang tengah diviralkan beberapa tahun belakangan. Namun ternyata ada berbagai singkatan yang menggambarkan orientasi seksual lain selain heteroseksual atau penyuka lawan jenis. Apa saja istilah tersebut melansir laman BBC?

L - lesbian: seorang perempuan yang tertarik dengan perempuan lain.

G - gay: seorang pria yang tertarik dengan pria lain atau sering dipakai untuk menggambarkan homoseksual.

B - bisexual: orang tertarik baik kepada pria dan perempuan.

T - transgender: orang yang identitas gendernya bukan laki-laki dan perempuan atau berbeda dengan yang biasa ditulis dokter di sertifikat kelahiran.

Baca juga: Korea Selatan Bersiap Pawai Besar Hadapi Anti-LGBT

Q - queer: pada awalnya dibuat sebagai istilah kebencian. Kata ini bisa digunakan sebagai pernyataan politik dan menunjukkan seseorang yang tidak mau diidentifikasi sebagai gender yang bisa dipasangkan, misalnya laki dan perempuan, homoseksual dan heteroseksual, atau mereka yang tidak mau diberi label berdasarkan orientasi seksual mereka.

Q - questioning: seseorang yang masih mengeksplorasi identitas gender dan orientasi seksual mereka.

I - intersex: orang yang tubuhnya jelas bukan laki atau perempuan. Ini mungkin karena mereka memiliki kromosom yang bukan XX atau XY atau karena alat reproduksi mereka bukan dikategorikan sebagai 'standar'.

A - allies: orang yang mengidentifikasi diri sebagai heteroseksual namun mendukung komunitas LGBTQQIAAP.

A - asexual:orang yang tidak tertarik secara seksual kepada gender apa pun.

P - pansexual: orang yang ketertarikan seksualnya bukan berdasarkan gender dan bisa mengkategorikan diri ke gender atau identitas seksual apa pun.

(rei)

  • HOT !
    Akhir tahun sudah identik dengan diskon atau potongan harga. Pusat pusat perbelanjaan seolah berlomba memberikan tawaran diskon yang menggiurkan masyarakat. Tak jarang diskon yang diberikan pun cukup besar bisa mencapai 70 persen hingga 90 persen....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia dikejutkan dan masih diramaikan oleh kasus guru perempuan bernama Baiq Nuril yang harus mendekam di penjara lantaran mengungkap rekaman kepala sekolahnya yang dinilai melakukan pelecehan seksual....
  • HOT !
    Bandara Soekarno Hatta berhasil menduduki peringkat 10 dalam daftar Megahubs International Index 2018. Daftar ini disusun perusahaan riset penerbangan AOG, yang menganalisis 50 bandara di seluruh dunia....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Song Hyesun (OC) , Jae Hyun NCT , Kai EXO.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)