SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Diam-diam Gunung Sinabung Meletus Lagi, Warga: Sudah Biasa Setiap Hari

Kamis, 12 Oktober 2017 12:00 by reinasoebisono | 709 hits
Diam-diam Gunung Sinabung Meletus Lagi, Warga: Sudah Biasa Setiap Hari
Image source: VOA Indonesia

DREAMERS.ID - Gunung Sinabung meletus pada Kamis (11/10) dini hari, dikonfirmasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Letusan yang disertai gempa itu juga dicatat oleh Pos Pengamatan Gunung Sinabung PVMBG.

Letusan tersebut memiliki tinggi kolom abu vulkanik dua ribu meter dan diikuti awan panas guguran dengan jarak luncur 1.500 meter ke arah Selatan dan 2.000 meter ke arah Timur-Tenggara. Melansir laman Antara, letusan itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa serta penambahan pengungsi.

Warga sekitar tidak panik karena disebut sudah terbiasa dengan kondisi alam Gunung Sinabung yang bisa hampir setiap hari mengeluarkan materi dan gempa. Ribuan warga pun sudah terbiasa mengungsi, terutama bagi mereka yang berada di zona merah.

"Masyarakat sudah terbiasa melihat letusan Gunung Sinabung karena sejak ditetapkan status awas pada 2 Juni 2015 hampir setiap hari terjadi letusan," kata Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam siaran pers.

Bupati Karo menjadi penanggung jawab penanganan dampak letusan Gunung Sinabung dan BNPB terus memberikan pendampingan dan bantuan pengungsi sejak 2013 hingga September 2018 mendatang.

Warga yang bermukim dan beraktifitas di sungai-sungai dengan hulu Sinabung pun diminta waspada akan ancaman lahar hujan karena curah hujan diprediksi meningkat. Belum lagi bendung alam yang terbentuk di hulu Sungai Laborus. Jika tidak kuat menahan volume air, bendungan ini bisa jebol sekaligus mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)