SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kemenkes Tetapkan RS Mitra Bersalah karena Perbedaan Tindakan Ini Pada Bayi Debora

Kamis, 14 September 2017 15:32 by reinasoebisono | 1487 hits
Kemenkes Tetapkan RS Mitra Bersalah karena Perbedaan Tindakan Ini Pada Bayi Debora
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Kementerian Kesehatan atau Kemenkes akhirnya menetapkan Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres bersalah atas kematian bayi berusia empat bulan bernama Tiara Debora yang diberitakan ditolak untuk mendapatkan perawatan karena kurang melunasi uang muka.

Melansir Merdeka, menteri Kesehatan Nila Farid Moelek mengatakan, berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa pasien Debora ingin membayar biaya pelayanan rumah sakit. Selain itu, Rumah Sakit Mitra Keluarga telah mengetahui jika Debora merupakan pengguna BPJS.

"Terdapat kesalahan pada layanan administrasi dan keuangan yang diberikan oleh RS terhadap status pasien. Pasien tetap membayar biaya perawatan dan pihak RS tetap menerima," kata Nila dalam surat Hasil Penelusuran Investigasi Pasien Bayi TD.

Untuk itu, Menkes Nila memerintahkan Dinas Kesehatan DKI Jakarta memberikan sanksi administrasi sesuai kewenangan lewat teguran tertulis. "Sedangkan sanksi lain akan ditentukan setelah dilaksanakan audit medik," jelasnya.

Pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga menemukan ada perbedaan tindakan RS Mitra Keluarga terhadap bayi Debora. Sebelumnya RS Mitra keluarga bahkan belum bekerjasama dengna BPJS namun bisa menerima pasien yang menggunakan jasa asuransi kesehatan milik pemerintah itu.

"Ketika tahu dia pasien BPJS, rumah sakit ini kan juga pernah, walaupun dia belum bekerja sama dengan BPJS, tapi dia sudah beberapa kali menagih ke BPJS dengan cara seperti itu," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto. "Kenapa dengan pasien ini (Debora) tidak diperlakukan seperti itu,"

"Artinya dia (RS Mitra Keluarga) menagih kegawatdaruratan ke BPJS, dengan kondisi dia belum bekerja sama dgn BPJS itu dia sudah pernah menagih," jelasnya. "Kemarin kan dia (RS Mitra Keluarga) menyatakan dia gak tau kalau kegawatdaruratan itu sampai proses stabil,"

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Program rumah DP 0 rupiah kembali disorot setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) pertama di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Program rumah DP 0 rupiah itu lantas disebut mirip dengan program sejuta rumah milik Presiden Joko Widodo (Jokowi)....
  • HOT !
    Menteri Susi memutuskan untuk menangguhkan pelarangan cantrang di beberapa lokasi hanya di laut Pulau Jawa. Namun dirinya mengklaim memiliki bukti jika ada berita berita pesanan para pengusaha cantrang ke sejumlah jurnalis atau wartawan untuk membuat informasi kurang berimbang....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memenuhi janjinya soal program rumah DP 0 rupiah. Pada Rabu (17/1) kemarin, Anies meresmikan pembangunan program tersebut di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian itu diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan domisili Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : SMEnt artist

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)