SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Polisi Yakin Mengapa Grup Penyebar Kebencian 'Saracen' Dipenuhi Orang Cerdas

Sabtu, 26 Agustus 2017 11:00 by reinasoebisono | 19213 hits
Alasan Polisi Yakin Mengapa Grup Penyebar Kebencian 'Saracen' Dipenuhi Orang Cerdas
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Masih dihebohkan oleh kehadiran grup pengendali dan penyebar kebencian di dunia maya, Saracen. Grup yang dianggap membahayakan karena dapat memecah belah bangsa ini disebut polisi berbeda dari sekedar netizen yang asal mengutarakan hal negatif di media sosial.

Punya alasan, polisi menyebut jika Saracen berisi orang-orang cerdas. Bagaimana bisa? Hubungannya dengan ‘pesanan’ ujaran kebencian yang diminta harus dikaitkan dengan topik yang tengah panas setiap harinya.

"Yang jelas tak mungkin dilakukan oleh orang dengan kecerdasan rata-rata. Mereka bisa membaca menentukan pangsa pasar," ujar Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pudjo Sulistyo.

"Topik apa yang paling top hari ini, mana yang bisa dikapitalisasikan mendukung sesuai pesanan tadi. Memerlukan tim analisa," sambung Pudjo. 

Baca juga: Foto Ini Sebabkan Jungkook BTS Diduga Lakukan Percobaan Bunuh Diri?

Orang cerdas itu disebut termasuk Ketua Saracen, Jasriadi yang mampu mengendalikan followers sehingga bekerja sangat militan dalam menyebar provokasi berbau SARA. Polisi telah menangkap tiga pelaku Jasriadi, dan dua lain berinisial MFT dan SRN.

Ketiganya dijerat dengan Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 ayat 22 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan/atau Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara. 

"Kalau kita bisa melihat tadi kan saya sampaikan ada tiga. Mereka dapat mengatur manajerial yang tak bisa dijumpai, follower militan. Tentu itu orang cerdas. Tak gampang memelihara follower ratusan ribu," jelas Pudjo. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Sudah setahun Donald Trump menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Dengan segala kritikan dan hal kontroversi yang ditujukan kepadanya, kini disebut jika pesta perayaan setahun pemerintahannya dikenai harga fantastis....
  • HOT !
    Warga Makassar, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan kontes ratu kecantikan yang akan digelar pada Senin, 22 Januari 2018 mendatang. Pasalnya dalam iklan yang tersebar viral di media sosial mengungkapkan kalau kontes tersebut bukan untuk wanita melainkan ditujukan untuk para waria....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan rekannya yang bernama Andreas Tjahyadi dilaporkan ke polisi oleh seseorang bernama Fransiska Kumalawati Susilo. Kasusnya bermula ketika Sandiaga dan Andreas dituduh menipu ketika menjual satu hamparan lahan seluas hampir 1 hektare seharga Rp 12 miliar....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)