SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Polisi Yakin Mengapa Grup Penyebar Kebencian 'Saracen' Dipenuhi Orang Cerdas

Sabtu, 26 Agustus 2017 11:00 by reinasoebisono | 19253 hits
Alasan Polisi Yakin Mengapa Grup Penyebar Kebencian 'Saracen' Dipenuhi Orang Cerdas
Image source: Merdeka

DREAMERS.ID - Masih dihebohkan oleh kehadiran grup pengendali dan penyebar kebencian di dunia maya, Saracen. Grup yang dianggap membahayakan karena dapat memecah belah bangsa ini disebut polisi berbeda dari sekedar netizen yang asal mengutarakan hal negatif di media sosial.

Punya alasan, polisi menyebut jika Saracen berisi orang-orang cerdas. Bagaimana bisa? Hubungannya dengan ‘pesanan’ ujaran kebencian yang diminta harus dikaitkan dengan topik yang tengah panas setiap harinya.

"Yang jelas tak mungkin dilakukan oleh orang dengan kecerdasan rata-rata. Mereka bisa membaca menentukan pangsa pasar," ujar Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pudjo Sulistyo.

"Topik apa yang paling top hari ini, mana yang bisa dikapitalisasikan mendukung sesuai pesanan tadi. Memerlukan tim analisa," sambung Pudjo. 

Baca juga: Respon Polisi Atas Hebohnya Kabar Soal Go-Food Disusupi ISIS yang Racuni Makanan

Orang cerdas itu disebut termasuk Ketua Saracen, Jasriadi yang mampu mengendalikan followers sehingga bekerja sangat militan dalam menyebar provokasi berbau SARA. Polisi telah menangkap tiga pelaku Jasriadi, dan dua lain berinisial MFT dan SRN.

Ketiganya dijerat dengan Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 ayat 22 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan/atau Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara. 

"Kalau kita bisa melihat tadi kan saya sampaikan ada tiga. Mereka dapat mengatur manajerial yang tak bisa dijumpai, follower militan. Tentu itu orang cerdas. Tak gampang memelihara follower ratusan ribu," jelas Pudjo. 

(rei)

  • HOT !
    Rencana kegiatan Tarawih berjamaah atau Tarawih Akbar di Monumen Nasional diminta untuk ditinjau kembali karena beberapa alasan. Yang sempat santer terdengar adalah dikhawatirkan adanya unsur politis dalam pelaksanaannya....
  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Tibalah hari pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Sudah diantisipasi sejak lama, hari bahagia pasangan ini akan menjadi sorotan di seluruh dunia. Pesta pernikahannya sendiri akan menggabungkan dua nuansa yaitu prosesi Kerajaan Inggris dan glamor ala Hollywood....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)