SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ribuan Warga Singapura Protes Imigran Asing

Senin, 18 Februari 2013 13:15 by miko | 1301 hits
Ribuan Warga Singapura Protes Imigran Asing
batamtoday.com

Populasi imigran asing yang bekerja di Singapura ternyata membuat khawatir warga Singapura. Karena itulah sebanyak 4 ribu warga menggelar demonstrasi memprotes kebijakan pemerintah yang mengijinkan para imigran bermukim di negeri tersebut.

Dilansir dari BBC, demonstrasi ini dipicu dari laporan kebijakan pemerintah yang memprediksi separuh dari 6,9 juta penduduk Singapura pada tahun 2030 merupakan imigran asing. Seorang demonstran terlihat membawa poster bertuliskan Singapura untuk Warga Singapura.

Banyak warga asli menyalahkan kaum pendatang sebagai penyebab naiknya harga properti dan biaya hidup di Singapura.  Unjuk rasa selam tiga jam merupakan protes terbesar yang pernah terjadi di negeri tersebut, mengingat negara tersebut memberlakukan kontrol sosial ketat dan intoleran terhadap perbedaan pendapat.

Warga berdemontrasi di tengah-tengah hujan deras di sebuah tempat parkir yang dikenal bernama Speakers Corner. Mereka diizinkan berdemonstrasi hanya dikawal oleh petugas kepolisian berpakaian preman.

Baca juga: Dua Rangkaian MRT Singapura Tabrakan Lukai Puluhan Orang

“Para pengunjuk rasa di sini ingin menunjukkan kepada partai pemerintah, bahwa mereka tidak lagi takut dan tidak ingin bersembunyi di balik media sosial untuk menyuarakan ketidakpuasannya terhadap kebijakan pemerintah,” ungkap koordinator aksi yang juga mantan kandidat parlemen dari kalangan oposisi, Gilbert Goh.

Dalam laporan pemerintah mengatakan populasi negera kota tersebut akan mengalami peningkatan 30 persen antara 6,5 sampai 6,9 juta dimana penduduk imigran mencapai 45 persen. Pihak imigrasi diketahui sedang mencari cara meningkatkan jumlah angka kelahiran sekaligus memperlambat penuaan populasi. Hal ini diperlukan untuk menyeimbangkan jumlah penduduk asli Singapura dengan pendatang yang bertujuan mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi.

Masih tertulis di makalah tersebut, jika terlalu banyak imigran dan pekerja asing di Singapura, maka hal itu dapat melemahkan identitas nasional dan rasa kebersamaan warga asli karena mereka merasa sesak di negeri sendiri.

Menurut data yang dikutip BBC, total angka kelahiran penduduk Singapura hanya 1,2, yang berada di bawah jumlah populasi penduduk dan telah berlangsung selama tiga dekade. Hal ini menimbulkan kekhawatiran jumlah penduduk asli Singapura akan menyusut di beberapa tahun mendatang.

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)