home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Presiden Jokowi Resmi Batalkan Aturan 'Full Day School' yang Jadi Perdebatan

Senin, 19 Juni 2017 19:10 by reinasoebisono | 2797 hits
Presiden Jokowi Resmi Batalkan Aturan 'Full Day School' yang Jadi Perdebatan
Image source: Viva

DREAMERS.ID - Sebelumnya telah diklarifikasi terkait salah kaprahnya pengertian program full day school yang meresahkan dan jadi perdebatan masyarakat. Program pendidikan ini tidak bertujuan ‘memenjarakan’ siswa di sekolah, melainkan adanya penguatan karakter siswa.

Namun kabar terbaru mengatakan jika Presiden Joko Widodo akhirnya membatalkan aturan yang sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy melalui Peraturan Mendikbud Nomor 23 Tahun 2017 itu.

Aturan tersebut sebelumnya memberlakukan jam sekolah 5 hari dan 8 jam sekolah. Pembatalan aturan ini disampaikan bersama Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Maruf Amin setelah Mendikbud Muhadjir Effendy dipanggil Jokowi ke Istana Negara siang ini.

Pembatalan ini dilakukan presiden menyusul respon masyarakat terhadap aturan tersebut. Namun peraturan tersebut sebenarnya tidak dihilangkan seluruhnya, namun akan dikaji dan ditata ulang oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: Resmi, Menhan Prabowo Sandang Bintang 4 Di Pundaknya

"Presiden akan melakukan penataan ulang aturan itu," ujar Maruf, Senin (19/6) melansir Viva.

Nantinya, Peraturan Menteri (Permen_ ini akan berubah jadi Peraturan Presiden (Perpres) yang penyusunannya akan melibatkan banyak pihak terkait dunia pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Sehingga diharapkan masalah penyimpangan ajaran agama yang kerap menjadi bibit paham radikalisme hingga terorisme, bisa turut tertangani.

"Karena itu mungkin judul (peraturan)-nya akan diganti. Bukan lima hari sekolah, full day school, tetapi mungkin yaitu 'pendidikan penguatan karakter'," ujar Maruf. 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)