home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Paus Benediktus XVI Mundur, Pertama Kali dalam 600 Tahun

Selasa, 12 Februari 2013 09:00 by miko | 3763 hits
Paus Benediktus XVI Mundur, Pertama Kali dalam 600 Tahun
namakuddn.wordpress.com

Baru-baru ini seluruh dunia dikejutkan dengan pengumuman mendadak dari pemimpin umat Katolik Paus Benediktus XVI. Juru bicara Paus Benediktus mengatakan kalau Paus akan mengundurkan diri sebagai Kepala Gereja Katolik.

Dalam pengumumannya terhitung sejak 28 Februari mendatang, Paus Benediktus XVI tidak lagi bertugas karena kondisi kesehatannya.  Paus kelahiran Jerman, 16 April 1927 tersebut mengundurkan diri karena merasa tak dapat memenuhi tugasnya akibat usia yang mempengaruhi kesehatannya.

Dilansir dari dailymail, keputusan tersebut membuat dirinya menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya selama sejarah hampir 600 tahun. Paus terakhir yang mengundurkan diri adalah Gregorius XII pada 1415 akibat ada perpecahan dalam Gereja Katolik.

Baca juga: Gereja Katolik Bersiap Masuki Masa Sede Vacante

Tokoh yang bernama Joseph Ratzinger ini diangkat menjadi Paus sejak tahun 2005 menggantikan Paus Yohannes Paulus II. Ia adalah salah satu Paus tertua dalam sejarah ketika terpilih saat berusia 78 tahun. Selama menjabat Paus Benediktus XVI kerap menjadi sasaran kritik, karena beberapa kali salah langkah dan salah bicara.

Dengan pengunduran diri ini jabatan Paus di Vatikan akan kosong hingga diadakan pemilihan lagi pada Maret. Paus penggantinya diharapkan sudah akan terpilih sebelum Paskah agar umat Katolik dunia sudah memiliki Paus baru. Pemilihan penggantinya dilakukan oleh pertemuan Kolese Kardinal di Kapel Sistina di Vatikan secara rahasia dan para kardinal tidak boleh memilih dirinya sendiri.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)