SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Paus Benediktus XVI Mundur, Pertama Kali dalam 600 Tahun

Selasa, 12 Februari 2013 09:00 by miko | 3448 hits
Paus Benediktus XVI Mundur, Pertama Kali dalam 600 Tahun
namakuddn.wordpress.com

Baru-baru ini seluruh dunia dikejutkan dengan pengumuman mendadak dari pemimpin umat Katolik Paus Benediktus XVI. Juru bicara Paus Benediktus mengatakan kalau Paus akan mengundurkan diri sebagai Kepala Gereja Katolik.

Dalam pengumumannya terhitung sejak 28 Februari mendatang, Paus Benediktus XVI tidak lagi bertugas karena kondisi kesehatannya.  Paus kelahiran Jerman, 16 April 1927 tersebut mengundurkan diri karena merasa tak dapat memenuhi tugasnya akibat usia yang mempengaruhi kesehatannya.

Dilansir dari dailymail, keputusan tersebut membuat dirinya menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya selama sejarah hampir 600 tahun. Paus terakhir yang mengundurkan diri adalah Gregorius XII pada 1415 akibat ada perpecahan dalam Gereja Katolik.

Baca juga: Gereja Katolik Bersiap Masuki Masa Sede Vacante

Tokoh yang bernama Joseph Ratzinger ini diangkat menjadi Paus sejak tahun 2005 menggantikan Paus Yohannes Paulus II. Ia adalah salah satu Paus tertua dalam sejarah ketika terpilih saat berusia 78 tahun. Selama menjabat Paus Benediktus XVI kerap menjadi sasaran kritik, karena beberapa kali salah langkah dan salah bicara.

Dengan pengunduran diri ini jabatan Paus di Vatikan akan kosong hingga diadakan pemilihan lagi pada Maret. Paus penggantinya diharapkan sudah akan terpilih sebelum Paskah agar umat Katolik dunia sudah memiliki Paus baru. Pemilihan penggantinya dilakukan oleh pertemuan Kolese Kardinal di Kapel Sistina di Vatikan secara rahasia dan para kardinal tidak boleh memilih dirinya sendiri.

Komentar
  • HOT !
    Di era digital saat ini siapa pun bisa berpotensi menjadi terkenal dan kaya tanpa harus tampil di televisi. Hal itu dibuktikan oleh seorang bocah bernama Ryan, meski usianya masih 6 tahun namun ia mampu meraup penghasilan hingga USD 11 juta atau sekitar Rp 150 miliar karena YouTube. Lalu apa yang ia lakukan?...
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)