home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Belum Ada yang Di-Reshuffle, Ini Para Kartini Tangguh di Sekeliling Jokowi

Jumat, 21 April 2017 11:00 by reinasoebisono | 1367 hits
Belum Ada yang Di-Reshuffle, Ini Para Kartini Tangguh di Sekeliling Jokowi
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Mungkin tak banyak yang tahu jika Presiden Jokowi memiliki cukup banyak sosok wanita dalam Kabinet Kerja. Total 9 wanita yang bekerja profesional serta terkenal tangguh dan disebut sebagai Kartini di sekeliling Jokowi yang kebetulan hari ini bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April.

Kartini-kartini yang berjasa mengabdi kepada negara adalah Puan Maharani sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri, serta Susi Pudjiastuti yang dipercaya menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selain itu, ada Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nila Moeloek bertindak sebagai Menteri Kesehatan, Khofifah Indar Parawansa mengemban sebagai Menteri Sosial, dan Rini Soemarno sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Serta Yohana Yembise selaku Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan yang bergabung paling baru adalah Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan


Image source: Liputan6

Sempat diwawancarai oleh Antara News, beberapa menteri di atas memberikan pandangan dan apa yang baiknya dilakukan wanita Indonesia pada momen Kartini. Menurut Khofifah, Kartini juga seorang sosok ulama wanita yang berguru pada KH. Soleh Darat.

Baca juga: Tak Hanya Beri Ucapan Selamat Hari Kartini, Ini Pujian Wapres AS Terhadap Wanita Indonesia

"Raden Adjeng Kartini itu berpikir out of the box. Dia melakukan penjangkauan, pemikiran dan interaksi di luar zamannya, diluar tradisi, diluar culture yang mengukungnya. Artinya bahwa itu akan menjadi pembelajaran yang sangat penting bagi seluruh perempuan Indonesia bahwa ternyata kalau kita berusaha ternyata bisa," jelas Khofifah.


Menteri Keuangan Sri Mulyani yang jadi menteri wanita terakhir yang bergabung di Kabinet Kerja Jokowi (Tribunnews)

Singkat dan padat, Menteri fenomenal Susi Pudjiastuti pun mengatakan untuk tidak memandang diri sebagai perempuan, namun teruslah bekerja dan berjuang. "Ya stop memikirkan anda wanita, and do the work," tegas Susi.

Ada pula Menteri Luar Negeri Retno yang mengatakan jika RA. Kartini mencerminkan kecerdasan perempuan Indonesia. "Semoga semangat kemajuan dan kecerdasan yang dibawa oleh RA Kartini dapat dibawa dan diteruskan oleh seluruh perempuan Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebuah negara yang lebih baik untuk semua," tutup Retno.

Hebatnya, sepanjang perjalanan Kabinet Kerja milik Presiden Jokowi yang mengalami perubahan, belum pernah ada menteri wanita yang di-reshuffle oleh presiden. Hal ini menunjukkan menteri-menteri tersebut bahu-membahu memperbaiki keadaan bangsa dan negara yang berada di sisi Jokowi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)