home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Polda Jabar: Ghat di Bogor Positif Mengandung Chatinone

Selasa, 05 Februari 2013 13:14 by miko | 2630 hits
Polda Jabar: Ghat di Bogor Positif Mengandung Chatinone
republika.co.id

Kasus yang menimpa Raffi Ahmad terkait dengan narkoba baru yang mengandung Chatinone, ternyata tanaman tersebut banyak tersebar di Indonesia. Bahkan Polda Jawa Barat memastikan tanaman Ghat yang tumbuh subur di kawasan Puncak, Bogor positif mengandung Chatinone yang masuk golongan psikotropika golongan satu.

Tanaman Ghat ini mendadak terkenal karena mencuatnya kasus penyalahgunaan narkotika yang melibatkan artis Raffi Ahmad. Uniknya, tanaman yang berasal dari Afrika ini ternyata dapat ditemui dengan mudah disekitar Puncak, Bogor.

“Tanaman Ghat ini beberapa waktu lalu diambil dari Puncak dan dites di Puslabfor Mabes Polri. Hari ini saya dapat SMS dari Direktur Ditnarkoba Mabes Polri, menyatakan tanaman Ghat ini positif memiliki kandungan Chatinone,” ungkap Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Kombes Pol Hafriyono kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Tanaman Ghat dalam bahasa Latin disebut Catha Edulis. Warga kawasan Puncak atau penjaga villa biasa menyebutnya tanaman Teh Arab. Ghat bila diekstrak menjadi sintesis tersebut memiliki zat adiktif.

Menurut Hafriyono, terkait ditemukannya golongan narkotika jenis baru yang terungkap dari kasus Raffi, pihaknya menginstruksikan Kasatnarkoba di tiap wilayah jajaran Polda Jabar menyelidiki dan mencari jenis tanaman Ghat. Akhirnya Polres Bogor menemukan Ghat tumbuh subur di kawasan Puncak.

“Ghat ini dijadikan tanaman hias dan tanaman pagar di tiga villa, antara lain di Kampung Inpres Pasirstugu, RT 1 RW 5, Desa Cibiru, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor,” terangnya.

Temuan tersebut langsung dilaporkan Hafriyono kepada Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya dan diteruskan ke Ditnarkoba Mabes Polri. Setelah itu dites Puslabfor Mabes Polri.

“Sampel diambil guna memeriksa kandungan. Hasilnya positif mengandung senyawa Chatinone. Tiga penjaga villa sudah diperiksa untuk mengetahui sejak kapan dan bagaimana cara Ghat ditanam. Tidak ada tersangka, hanya dimintai keterangan saja,” tambah Hafriyono.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)