SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Polda Jabar: Ghat di Bogor Positif Mengandung Chatinone

Selasa, 05 Februari 2013 13:14 by miko | 2504 hits
Polda Jabar: Ghat di Bogor Positif Mengandung Chatinone
republika.co.id

Kasus yang menimpa Raffi Ahmad terkait dengan narkoba baru yang mengandung Chatinone, ternyata tanaman tersebut banyak tersebar di Indonesia. Bahkan Polda Jawa Barat memastikan tanaman Ghat yang tumbuh subur di kawasan Puncak, Bogor positif mengandung Chatinone yang masuk golongan psikotropika golongan satu.

Tanaman Ghat ini mendadak terkenal karena mencuatnya kasus penyalahgunaan narkotika yang melibatkan artis Raffi Ahmad. Uniknya, tanaman yang berasal dari Afrika ini ternyata dapat ditemui dengan mudah disekitar Puncak, Bogor.

“Tanaman Ghat ini beberapa waktu lalu diambil dari Puncak dan dites di Puslabfor Mabes Polri. Hari ini saya dapat SMS dari Direktur Ditnarkoba Mabes Polri, menyatakan tanaman Ghat ini positif memiliki kandungan Chatinone,” ungkap Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar Kombes Pol Hafriyono kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung.

Tanaman Ghat dalam bahasa Latin disebut Catha Edulis. Warga kawasan Puncak atau penjaga villa biasa menyebutnya tanaman Teh Arab. Ghat bila diekstrak menjadi sintesis tersebut memiliki zat adiktif.

Menurut Hafriyono, terkait ditemukannya golongan narkotika jenis baru yang terungkap dari kasus Raffi, pihaknya menginstruksikan Kasatnarkoba di tiap wilayah jajaran Polda Jabar menyelidiki dan mencari jenis tanaman Ghat. Akhirnya Polres Bogor menemukan Ghat tumbuh subur di kawasan Puncak.

“Ghat ini dijadikan tanaman hias dan tanaman pagar di tiga villa, antara lain di Kampung Inpres Pasirstugu, RT 1 RW 5, Desa Cibiru, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor,” terangnya.

Temuan tersebut langsung dilaporkan Hafriyono kepada Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya dan diteruskan ke Ditnarkoba Mabes Polri. Setelah itu dites Puslabfor Mabes Polri.

“Sampel diambil guna memeriksa kandungan. Hasilnya positif mengandung senyawa Chatinone. Tiga penjaga villa sudah diperiksa untuk mengetahui sejak kapan dan bagaimana cara Ghat ditanam. Tidak ada tersangka, hanya dimintai keterangan saja,” tambah Hafriyono.

Komentar
  • HOT !
     Gempa berkekuatan cukup besar menghebohkan Indonesia karena terasa di sepanjang daerah Selatan Pulau Jawa. Karena guncangan berpusat di dalam laut, masyarakat khawatir terjadi tsunami karena BMKG memang sempat mengeluarkan peringatan dini....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....
  • HOT !
    Gugatan praperadilan jilid II yang diajukan oleh Ketua DPR (non aktif) Setya Novanto terkait kasus korupsi megaproyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP) dinyatakan gugur oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keputusan tersebut disahkan oleh Hakim Kusno saat sidang digelar Kamis (14/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)