home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berkedok Restoran, Intelijen Korea Utara Telah Beroperasi di Indonesia Hampir Dua Dekade?

Sabtu, 18 Februari 2017 23:50 by Dits | 11413 hits
Berkedok Restoran, Intelijen Korea Utara Telah Beroperasi di Indonesia Hampir Dua Dekade?
image source: Wetinhappen.com.ng

DREAMERS.ID -Sejak peristiwa terbunuhnya kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un yakni Kim Jong-nam terungkap di Malaysia pada Senin lalu, perhatian dunia lantas tertuju pada aktivitas intelijen Korea Utara yang berada di Asia Tenggara.

Melansir the Star, Jumat (17/2), Korea Utara telah menempatkan intelnya dalam naungan badan intelijen bernama Reconnaissance General Bureau (RGB) atau Biro Pengintaian Umum yang ditempatkan di tiga negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Singapura, dan Indonesia selama hampir dua dekade terakhir.

RGB berada di bawah Departemen Keamanan Negara Korea Utara atau Departemen Keamanan dan membuat laporan langsung kepada Kim Jong-un. RGB mendidik para intel-nya agar memenuhi kualifikasi untuk ditempatkan bekerja sebagai insinyur, konsultan teknik di bidang industri konstruksi bahkan di restoran Korea.

Baca juga: Korsel Beri Peringatan Keras ke Korut: Tidak Akan Ditoleransi Lagi

"Mereka memakai restoran sebagai tempat utama mengumpulkan informasi dan pengawasan. Sasaran mereka biasanya orang Jepang, politikus Korea Selatan, diplomat, orang top di perusahaan dan pengusaha yang punya bisnis di tiga negara ini," ujar sumber intelijen, mengutip the Star.

Sementara itu, RGB disebutkan juga berada di Indonesia dengan beroperasi di sejumlah pabrik tekstil di kota-kota besar, termasuk Jakarta."Salah satu toko pakaian berlokasi di atas sebuah restoran Korea Utara di Jakarta adalah bagian dari kantor RGB," lanjut sumber tersebut.

Operasi para intel Korea Utara tersebut didanai dari penyelundupan narkoba. Informasi terungkap saat RGB gagal melakukan penyelundupan 125 kilogram heroin ke Australia melalui kapal komersial Pong Su pada 2003 silam.

Kasus penyelundupan narkoba tersebut lantas diselediki oleh polisi Australia dan mengungkapkan kalau RGB menggunakan Pelabuhan Klang sebagai tempat transit untuk penyelundupan agar tak terlacak. Sumber intelijen juga mengatakan kalau RGB telah menggunakan Malaysia menjadi salah satu tujuan untuk mendistribusikan bahan kimia berbahaya yang bisa digunakan membuat gas beracun. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Kasus virus corona atau COVID 19 terkonfirmasi di Indonesia semakin meningkat dengan yang terkonfirmasi mencapai 81.668 dengan penambahan hari ini sebanyak 1.574 kasus positif....
  • HOT !
    Tim Gugus Tugas menyatakan bahwa kasus kekerasan berbasis gender semakin meningkat ditengah pandemi virus corona. Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, mengatakan korban kekerasan tidak seharusnya dibiarkan menghadapi kasus kekerasan seorang diri....
  • HOT !
    Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) akan kembali membuka operasional bioskop secara serentak di Indonesia. GPBSI mewakili para pengusaha bioskop terdiri atas Conema XXI, CGV, Cinepolis, Dakota Cinema, Platinum dan New Star Cineplex....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princessnanda
Cast : nanda(you),exo,super junior,edo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)