home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sistem Non-Stop, Kereta KTX Baru Korsel Ala 'Train To Busan' Diklaim Lebih Cepat dari Pesawat

Jumat, 13 Januari 2017 11:11 by reinasoebisono | 2173 hits
Sistem Non-Stop, Kereta KTX Baru Korsel Ala 'Train To Busan' Diklaim Lebih Cepat dari Pesawat
Image source: Wikiwand.com

DREAMERS.ID - Kategori negara maju bisa dilihat dari kesejahteraan rakyatnya. Percaya atau tidak, kesejahteraan itu juga dinilai dari faktor fasilitas dan transportasi publik yang nyaman dan jadi pilihan utama masyarakat karena tingginya kualitas pelayanan.

Salah satunya yang terlihat dari Korea Selatan adalah transportasi kereta cepatnya. Kereta peluru atau bullet train Korea Selatan akan berfungsi tanpa henti dengan rute Seoul-Busan. Kereta bernama KTX itu akan memberikan layanan premium mulai Juni nanti.

Kereta tersebut akan melaju tanpa henti dari Seoul ke Busan dengan total waktu tempuh 1 jam 50 menit, diperkirakan terpangkas dari 25 hingga 58 menit. KTX yang beroperasi sekarang dan Super Rapid Train (SRT) memiliki waktu tempuh 2 jam 48 menit.

Baca juga: Hampir 50 Persen Anak Muda di Seoul Hidup Miskin

Lebih lama, karena dua kereta tersebut harus berhenti di 2 hingga 7 stasiun sepanjang jalurnya. KTX ini juga menarik perhatian karena mengingatkan warga pada film box office ‘Train to Busan’ yang meski bertema horror-zombie, film ini berhasil mendulang kesuksesan.

Melansir Chosun Ilbo, kereta baru super cepat ini diklaim lebih cepat dibanding perjalanan Seoul-Busan menggunakan pesawat. Dan tentu saja, biaya yang harus dikeluarkan lebih tinggi dari tarif sekarang seharga 59.800 Won (Rp675.900) untuk KTX dan 52.600 Won (Rp594.500) untuk SRT.

Ke depannya, Menteri Negara, Infrasutruktur dan Transportasi akan mengembangkan kereta cepat non-stop dari Seoul ke Mokpo dan Gwangju. "Kami akan menjaga keseimbangan keseluruhan dengan memotong tarif untuk beberapa kereta yang sering berhenti dan (memiliki waktu tempuh) lebih lama," kata seorang pejabat kementerian.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)