SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Luthfi Hasan Diduga Aktif Minta Uang Ke PT Indoguna

Kamis, 31 Januari 2013 09:00 by miko | 1558 hits
Luthfi Hasan Diduga Aktif Minta Uang Ke PT Indoguna
inilah.com

Partai Keadilan Sejahtera yang selalu mengkampanyekan partai bersih, kali ini tersandung kasus korupsi. Sang Presiden partai PKS, Luthfi Hasan Ishaaq tersangkut kasus suap impor daging. KPK pun menduga kalau Luthfi aktif meminta uang panas kepada pihak direksi PT Indoguna Utama, perusahaan importir daging.

Hal tersebut tertuang dalam pasal yang dijeratkan KPK kepada Luthfi. Lembaga antikorupsi ini memilih Pasal 12 A atau B, atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11, UU 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2001.

“Disimpulkan juga bahwa AF dan LHI diduga melanggar Pasal 12 A atau B atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11,” ungkap juru bicara KPK Johan Budi dalam konferensi pers.

Seluruh pasal tersebut di atas mengatur mengenai penerimaan suap oleh pejabat negara. Sedangkan untuk sangkaan primernya, yakni Pasal 12 huruf a, merupakan kasus suap kategori aktif, di mana sang pejabat negara dipandang lebih aktif dalam proses terjadinya suap.

“Pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janji tersebut diberikan untuk menggerakkan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya,” tulis pasal 12 huruf a tersebut. Pasal ini memiliki ancaman hukuman yang cukup berat yakni 20 tahun penjara.

Pasal ini didakwakan KPK kepada Angelina Sondakh. Namun hakim di tingkat pengadilan negeri, tidak setuju dengan pendapat KPK dan memilih Pasal 5 ayat 2.

“Prinsip dari penggunaan Pasal 12 huruf a itu adalah suap yang sifatnya aktif,” tutur Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengenai Pasal 12 huruf a itu.

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)