home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Teriakan '4 Tahun Lagi' Hingga Janji Transisi Presiden Berjalan Damai, Ini Pidato Perpisahan Obama

Rabu, 11 Januari 2017 11:30 by Dits | 1286 hits
Teriakan '4 Tahun Lagi' Hingga Janji Transisi Presiden Berjalan Damai, Ini Pidato Perpisahan Obama
image source: CBS Boston

DREAMERS.ID - Jelang lengser dari kursi orang nomor satu di Amerika Serikat, Presiden Barack Obama memberikan pidato perpisahan yang dilangsungkan di kampung halamannya, Chicago pada Selasa (10/1) waktu setempat.

"Halo, Chicago. Senang berada di rumah," ujar Obama kala memulai pidatonya di McCormick Place Convention Centre, Chicago, yang disambut dengan tepukan tangan dan standing ovation.

Melanjutkan pidatonya, Obama berterimakasih dan lantas menegaskan pentingnya dialog setiap hari yang wajib dilakukan warga AS. "Dengan dialog, mereka membuat jujur, terinspirasi. Tiap hari, saya belajar dari Anda semua. Anda telah membuat saya menjadi presiden sekaligus manusia yang lebih baik lagi," lanjut Obama.


image source: telegraph.co.uk

Pernyataan tersebut tentu saja langsung dibalas dengan teriakan, "Empat tahun lagi! Empat tahun lagi!" namun Obama membalas singkat, "Jelas, saya tidak bisa melakukan itu."

Dalam selipan pidatonya, ia lantas memberikan penghormatan kepada para aktivis hak sipil dan keadilan sosial dan menyampaikan betapa pentingnya menjaga kebersamaan. Dimana warga Amerika bersama-sama menolak tirani, budak, dan memberi hak untuk wanita.

"Amerika itu luar biasa. Sejarah Amerika berawal di mana semua warga bersama-sama menolak tirani, membebaskan budak, memberi hak bagi wanita. Secara terus menerus merangkul semua, bukan hanya sebagian," kata Obama.


image source: The Boston Globe

Baca juga: Obama Siap Jadi Orang Pertama yang Menerima Vaksin

Tak hanya itu saja, Obama juga membahas sejumlah keberhasilan yang dicapai pemerintahannya selama ia menjabat presiden Amerika Serikat termasuk legalisasi pernikahan sesama jenis, kesepakatan dengan Iran, dan menghabisi Osama bin Laden.

“Itu hasil kerja Anda semua," ucap Obama sambil menunjuk ribuan hadirin yang datang.

Ketika Obama menyebut pemerintahan baru yang akan datang dalam sepuluh hari kedepan, sorakan ketidaksukaan pun tak terelakan dari para penonton. Namun ayah dua anak tersebut mampu menguasai riuhan tersebut dengan berjanji akan memastikan transisi presiden berjalan mulus dan damai.

"Please, stop. Ini pentingnya untuk  memuluskan transisi pemerintahan, demi demokrasi. Saya berjanji kepada presiden terpilih Donald Trump bahwa tim saya akan memastikan transisi yang mulus. Seperti Presiden Bush lakukan kepada kami," tegas Obama.

"Karena ini adalah kepentingan kita semua, untuk memastikan pemerintah bisa menangani banyak tantangan yang dihadapi," lanjutnya.

Seperti diketahui, Presiden Barack Obama hanya tinggal menghitung hari di Gedung Putih, pasalnya pada tanggal 20 Januari 2017 mendatang, Donald Trump akan dilantik untuk menjadi presiden Amerika Serikat ke-45.

(dits/Liputan6)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)