home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siap Dirilis, Uang Rupiah Baru Salah Satu Yang Miliki Keamanan Tertinggi di Dunia

Minggu, 18 Desember 2016 23:00 by reinasoebisono | 6110 hits
Siap Dirilis, Uang Rupiah Baru Salah Satu Yang Miliki Keamanan Tertinggi di Dunia
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Bank Indonesia akan merilis uang rupiah baru pada Senin besok. Uang emisi baru tahun 2016 ini meningkatkan level keamanannya bahkan diklaim menjadi salah satu mata uang yang memiliki tingkat keamanan tertinggi di dunia.

Melansir Liputan6, level pengamanan ini sudah sesuai ketentuan yang biasa diterapkan di berbagai negara.Kategori sistem pengamanan uang suatu negara pun terdiri dari 3 level yaitu terbuka, semu tertutup hingga tertutup.

"Rupiah itu memiliki sistem pengamanan tiga level, dengan begitu bisa jadi mata uang yang pengamanannya sangat kompleks dibanding mata uang negara lain," kata Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI Suhaedi‎.

Dijelaskan lebih lanjut, level terbuka adalah unsur pengaman yang bisa dideteksi tanpa bantuan alat. Contohnya hal-hal yang bisa diliat secara kasat mata atau dirasakan dengan indera perasa atau disentuh.

Baca juga: Melihat 7 Uang Kertas Baru 2022 dan Cara Menukarkannya

Kedua adalah level semi tertutup atau semi covered yang juga unsur pengaman yang dapat dideteksi dengan alat sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultra violet. Terakhir adalah level tertutup atau covered yang berarti sistem pengaman yang hanya bisa dideteksi dengan mesin sortasi yang dimiliki Bank Sentral atau peralatan laboratorium/forensik.

Uang baru ini dilengkapi unsur pengaman yang lebih kuat, contohnya adalah colour shifting yang jikadilihat dari sudut pandang lain, akan terjadi perubahan warna yang kontras. Ada juga sistem rainbow feature yang jika dilihat dari sudut pandang lain akan muncul gambar tersembunyi berupa angka nominal.

Ada pula sistem rectoverso yang akan memunculkan gambar saling isi berupa logo Bank Indonesia bila diterawang. Rectoverso sempat jadi bahan pembicaraan karena isu kemiripan dengan logo komunis, palu arit. Padahal, lambang tersebut adalah tumpang tindih dengan lambang di belakangnya dan hanya bisa dilihat keseluruhan jika diterawang.

Uang baru ini juga sebagai upaya memudahkan aksesibilitas rupiah bagi penyandang tuna netra. Sistem ini juga sudah diujioba ke lebih dari 10 orang tunanetra dan bisa dengan cepat membedakan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)