SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Tanaman 40 Tahun Tumbuh Tanpa Udara dan Air

Sabtu, 26 Januari 2013 07:00 by miko | 4565 hits
Wow, Tanaman 40 Tahun Tumbuh Tanpa Udara dan Air
dreamersradio.com

Mungkin bisa saja jika planet tak berpenghuni bisa menjadi hijau seperti di Bumi. Pasalnya jika kamu melihat tanaman dalam botol seperti biasa. Tapi tahukah kamu  kalau tanaman tersebut telah berusia 40 tahun dan tumbuh dalam botol yang diisolasi tanpa udara, dan hanya disiram satu kali.

Dilansir dari BBC, tanaman tersebut ditanam oleh David Latimer pada tahun 1960 silam. Kemudian ia mengisolasi botol tersebut pada tahun 1972 setelah menyiramnya dengan air untuk terakhir kalinya sebagai eksperimen. Namun tak disangka setelah 40 tahun, tanaman bernama Tradescantia ini bisa tumbuh.

Walau tak mendapatkan asupan air, rupanya tanaman tersebut tetap tumbuh berkat cahaya matahari. Proses fotosintesisnya di ubah menjadi energi untuk mengembangkan diri. Fotosintesis tersebut menghasilkan oksigen dan butiran air yang kemudian berfungsi sebagai hujan di dalam botol.

Baca juga: Wow, Jepang Ciptakan Bonsai yang Bisa Melayang di Udara!

“Botol ini saya letakkan 6 kaki di sebelah jendela sehingga mendapatkan sedikit cahaya matahari. Dia tumbuh menuju arah cahaya dan mengikuti alurnya sehingga akhirnya tumbuh lebat. Aku tidak pernah membentuknya, tampaknya pertumbuhannya itu sudah mencapai batas botol,” ungkapnya.

Eksperimen sang kakek ini pun langsung menarik perhatian ahli tanaman dan perkebunan saat diliput BBC.  Mereka menilai botol isolasi tersebut sebagai contoh menarik bahwa tanaman dapat membangun ekosistemnya sendiri untuk bertahan hidup. Tak heran, NASA memiliki obsesi untuk menanam tumbuhan di luar angkasa nantinya.

Komentar
  • HOT !
    Mungkin tak banyak yang merasakan jika ada gempa terjadi pada dini hari tadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memang tidak terbilang besar, yaitu di kekuatan magnitudo 3.9 mengguncang pada pukul 03.06 WIB....
  • HOT !
    Baru diberitakan pengakuan pelaku wanita di video syur perilaku seks menyimpang dari Garut mengatakan jika ia dipaksa suami untuk melakukan video seks secara beramai ramai, kini ditemukan lagi fakta baru oleh pihak kepolisian....
  • HOT !
    Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia Sabtu (17/8/2019) kemarin diwarnai insiden penangkapan 43 mahasiswa Papua di Surabaya. Penangkapan ini dilakukan berdasarkan pengaduan masyarakat mengenai adanya perusakan bendera Merah Putih yang diduga dilakukan oleh beberapa mahasiswa Papua....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)