SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Tanaman 40 Tahun Tumbuh Tanpa Udara dan Air

Sabtu, 26 Januari 2013 07:00 by miko | 4411 hits
Wow, Tanaman 40 Tahun Tumbuh Tanpa Udara dan Air
dreamersradio.com

Mungkin bisa saja jika planet tak berpenghuni bisa menjadi hijau seperti di Bumi. Pasalnya jika kamu melihat tanaman dalam botol seperti biasa. Tapi tahukah kamu  kalau tanaman tersebut telah berusia 40 tahun dan tumbuh dalam botol yang diisolasi tanpa udara, dan hanya disiram satu kali.

Dilansir dari BBC, tanaman tersebut ditanam oleh David Latimer pada tahun 1960 silam. Kemudian ia mengisolasi botol tersebut pada tahun 1972 setelah menyiramnya dengan air untuk terakhir kalinya sebagai eksperimen. Namun tak disangka setelah 40 tahun, tanaman bernama Tradescantia ini bisa tumbuh.

Walau tak mendapatkan asupan air, rupanya tanaman tersebut tetap tumbuh berkat cahaya matahari. Proses fotosintesisnya di ubah menjadi energi untuk mengembangkan diri. Fotosintesis tersebut menghasilkan oksigen dan butiran air yang kemudian berfungsi sebagai hujan di dalam botol.

Baca juga: Wow, Jepang Ciptakan Bonsai yang Bisa Melayang di Udara!

“Botol ini saya letakkan 6 kaki di sebelah jendela sehingga mendapatkan sedikit cahaya matahari. Dia tumbuh menuju arah cahaya dan mengikuti alurnya sehingga akhirnya tumbuh lebat. Aku tidak pernah membentuknya, tampaknya pertumbuhannya itu sudah mencapai batas botol,” ungkapnya.

Eksperimen sang kakek ini pun langsung menarik perhatian ahli tanaman dan perkebunan saat diliput BBC.  Mereka menilai botol isolasi tersebut sebagai contoh menarik bahwa tanaman dapat membangun ekosistemnya sendiri untuk bertahan hidup. Tak heran, NASA memiliki obsesi untuk menanam tumbuhan di luar angkasa nantinya.

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)